Salin Artikel

Valentino Rossi Bujuk Jorge Lorenzo untuk Tetap di MotoGP

Seperti diketahui, Jorge Lorenzo telah memutuskan untuk pensiun dari MotoGP pada akhir musim ini.

Lorenzo memutuskan pensiun karena kesulitan menjinakkan motor Honda RC213V yang begitu khas dipakai Marc Marquez.

Selain itu, Lorenzo juga memilih mengakhiri kariernya sebagai pebalap MotoGP karena didera cedera serius pada punggungnya.

Berdasarkan hasil rekam medis, cedera tersebut berpotensi kambuh kembali.

Rider Spanyol itu mendapatkan cedera punggung akibat terjatuh dari motornya saat menjalani sesi latihan bebas MotoGP Belanda 2019 di Sirkuit Assen.

Akibat dari cedera tersebut, Lorenzo absen sebanyak empat balapan pada musim ini, yakni MotoGP Belanda, MotoGP Jerman, MotoGP Republik Ceska, dan MotoGP Austria.

Lorenzo baru kembali ke kelas MotoGP Inggris 2019 di Sirkuit Silverstone, tapi penampilannya tak pernah kunjung membaik.

Hingga 14 balapan yang sudah dilalui sepanjang musim ini, pencapaian terbaik Lorenzo hanyalah finis di urutan ke-11 pada MotoGP Prancis 2019.

Alhasil, Lorenzo cuma bisa menempati peringkat ke-19 pada klasemen pebalap dengan koleksi 25 poin.

Rentetan masalah tersebut akhirnya membuat Lorenzo mengumumkan keputusan untuk pensiun dari MotoGP melalui sebuah konferensi pers jelang MotoGP Valencia, Kamis (14/11/2019).

Kabar mengejutkan dari Lorenzo ini sontak mendapat sorotan terutama dari para pebalap MotoGP lainnya, tak terkecuali Valentino Rossi.

Rossi menilai mundurnya Lorenzo dari ajang MotoGP menjadi peluang bagi tim Yamaha untuk merekrutnya sebagai test rider alias pebalap penguji.

Pebalap Italia berjulukan The Doctor itu merasa Lorenzo adalah sosok yang tepat untuk menangani pekerjaan itu setelah Yamaha mencoret Jonas Folger.

Keyakinan Rossi terhadap Lorenzo untuk menjadi test rider ideal Yamaha bukan tanpa alasan.

Sebelum menjajal karier di Ducati dan Honda, Lorenzo adalah mantan pebalap Yamaha yang meraih sukses besar.

Selama memperkuat Yamaha pada tahun 2008-2016, Lorenzo berhasil meraih tiga gelar juara dunia MotoGP, yakni pada musim 2010, 2012, dan 2015.

"Saya harus mengatakan yang sebenarnya, jika Lorenzo kembali menggunakan M1, dia akan cepat," kata Valentino Rossi.

"Selain itu, saya juga yakin dia akan sangat membantu sebagai pembalap penguji," tutur pebalap berusia 40 tahun itu lagi.

Meski demikian, Rossi tak menampik faktor finansial akan menjadi masalah terhadap keinginannya itu.

"Saya akan bicara dengannya (Lorenzo). Namun, yang jadi masalah, Jorge ingin mendapat banyak bayaran, sedangkan di Yamaha akan sulit mendapatkan itu," ucap dia.

"Saya benar-benar ingin menjadikannya sebagai pebalap penguji, dia sangat cepat dan bisa membantu kami," kata Rossi lagi. (Agung Kurniawan)

https://bola.kompas.com/read/2019/11/16/18000038/valentino-rossi-bujuk-jorge-lorenzo-untuk-tetap-di-motogp

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.