Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ada 200 Pekerja di Balik Satu Pertandingan Premier League

KOMPAS.COM - Sepak bola dan hak siar menjadi dua hal yang tak terpisahkan.

Kompetisi atau turnamen kelas dunia seperti Piala Dunia, Piala Eropa, Liga Champions, dan Liga Inggris selalu jadi rebutan banyak televisi di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Dengan berkembangnya teknologi saat ini, persaingan merebut hak siar tidak hanya dilakukan oleh stasiun - stasiun televisi tapi juga streaming Liga Inggris. 

Beberapa stasiun televisi dan layanan streaming memang rela mengeluarkan kocek yang tidak sedikit untuk mendapatkan hak siar tersebut demi meraih hati para pecinta sepak bola.

Pada Piala Dunia 2018, di Indonesia, hak siar turnamen sepak bola paling bergensi itu dimenangkan oleh Futbal Momentum Asia (FMA).

FMA menjadi satu - satunya pemegang hak ekslusif Piala Dunia 2018 di Indonesia, yang mencangkup hak media, hak komersial dan hak siar Piala Dunia 2018.

Dengan hak ekslusif tersebut, FMA ingin tayangan Piala Dunia 2018 disaksikan oleh seluruh elemen masyarakat Indonesia, dari perkotaan, hingga ke pelosok.

Karena itu, banyak alternatif untuk menonton Piala Dunia 2018.

Trans TV dan Trans 7 yang menayangkan siaran langsung Piala Dunia 2018 di jaringan tv free to air.

Lalu ada K-Vision dan Transvision di jaringan tv berbayar. Buka Lapak yang bekerja sama dengan KLIK TV serta XL Axiata, Telkomsel dan Indosat Oorodeo di layanan streaming.

FIFA berhasil mendapatkan pemasukan dari hak siar Piala Dunia 2018 sebesar $3 miliar.

Transaksi tersebut naik 90 persen dibanding penjualan hak siar Piala Dunia 2010 dan 2014 lalu.

Pendapatan FIFA pada dua penyelenggaraan Piala Dunia 2010 masing- masing berada di angka $2,4 miliar.

Terdapat 685 pemegang lisensi yang memperoleh hak siar untuk Piala Dunia 2018 di seluruh dunia.

Dengan rincian, 274 pemegang lisensi berbasis di Afrika. Disusul oleh 175 pemegang lisensi hak siar di Eropa dan 95 di Asia.

Kenapa Hak Siar Liga Inggris Mahal?

Begitu juga dengan hak siar Liga Inggris. Liga paling populer di dunia ini mampu menyedot animo penikmat sepak bola dari seluruh penjuru dunia.

Hak siar menjadi salah satu pemasukan yang paling vital bagi Premier League, termasuk klub- klub yang bertanding di dalamnya.

Pada kompetisi musim 2018-2019, sebanyak 20 klub kontestan Premier League mendapatkan pemasukan dari hak siar dalam negeri masing- masing sebesar £ 34.361.519.

Angka itu belum termasuk dengan pendapatan dari pertandingan setiap klub yang disairkan di televisi. 

Jumlahnya berbeda- beda tergantung klub dan berapa kali pertandingan mereka ditayangkan di televisi.

Klub- klub yang berada di big six seperti Liverpool, Manchester City, Manchester United, Arsenal, Tottenham Hotspurs dan Chelsea sudah pasti kebagian kue yang lebih banyak.

Premier League menggandeng IMG Production untuk bekerja sama menampilkan konten- konten berkualitas bagi pemegang hak siar di luar Inggris di bawah bendera Premier League Productions.

Premier League Productions bertugas memproduksi dan mendistribusikan semua program internasional Liga Premier Inggris, termasuk siaran langsung semua pertandingan Liga Premier Inggris yang berjulah 380 pertandingan.

Ada pula rekaman sebelum dan sesudah pertandingan denga kualitas konten yang baik, arsip- arsip pertandingan Liga Inggris dan tujuh tambahan magazine shows setiap pekannya.

Untuk musim 2019-2020, sebanyak 76 pertandingan akan disiarkan dalam 4K / Ultra High Definition dan lebih dari 500 promo pertandingan dan 50 konten dalam bentuk higlight akan diproduksi setiap pekannya.

Dalam setiap pertandingan juga pemegang hak siar berhak mendapat gambar- gambar eksklusif berupa grafis statistik, wawancara pemain, dan pelatih baik sesudah dan sebelum pertandingan serta kamera yang mengikuti salah satu pemain tertentu baik sebelum, sepanjang maupun setelah pertandingan.

Untuk melakukan itu semua, Premier League Productions tentu membutuhkan ribuan pekerja.

Dalam satu pertandingan, Premier League Productions mempekerjakan 200 orang. 

Ada bertugas sebagai kameramen, komentator, tim produksi baik di stadion dan di studio dan masih banyak lagi

Hal- hal yang berada di belakang layar ini lah yang membuat hak siar Liga Inggris memiliki nilai yang sangat tinggi.

Dengan produksi konten yang sangat baik, wajar jika Premier League sebagai operator liga menjual hak siar Liga Inggris jauh di atas liga- liga dunia lainnya seperti Bundesliga, Serie- A dan La Liga.

https://bola.kompas.com/read/2019/09/01/08405108/ada-200-pekerja-di-balik-satu-pertandingan-premier-league

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke