Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Demi FIBA World Cup 2023, Timnas Basket Putra Indonesia Berbenah

"Syaratnya, tim Indonesia harus kuat. Untuk menjadi kuat, Indonesia harus melakukan percepatan dalam memajukan prestasi bola basketnya," kata Erick Thohir selaku Central Board Member FIBA.

FIBA pun akhirnya memberikan saran dan rekomendasi kepada Indonesia untuk peningkatan tersebut.

"Di antaranya adalah memilih pelatih asing dan naturalisasi pemain berkualitas serta memperbanyak jam terbang tim nasional," kata Erick.

Tak hanya memberi saran dan pengarahan, FIBA juga terus memantau pelaksanaan program percepatan tersebut.

Menurut Erick, FIBA akan meminta laporan dan memberikan penilaian serta koreksi dalam pelaksanaan program tersebut.

Erick, yang didampingi oleh Sekjen Asosiasi Bolabasket Asia Tenggara (SEABA), Agus Mauro, telah melakukan pertemuan dengan Ketua Umum PP Perbasi Danny Kosasih, Ketua Badan Tim Nasional Syailendra Bakrie, dan Direktur IBL Hasan Gozali.

Mereka membahas komponen-komponen yang diperlukan dalam mendukung keberhasilan timnas bola basket Indonesia terutama, dalam menghadapi kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 dan FIBA Asia Cup 2021.

Kedua ajang tersebut akan menjadi tolok ukur kekuatan timnas bola basket Indonesia.

Salah satu hasil penting dalam rapat tersebut adalah digunakannya 3 (tiga) pemain asing dalam setiap klub IBL. Mekanisme penggunaan pemain asing ini akan dimatangkan oleh IBL.

Dengan adanya penambahan pemain asing dalam skuad setiap tim IBL, dapat menambah kekuatan tim terutama bagi klub yang pemainnya banyak dipanggil untuk bergabung dengan timnas.

Keberadaan pemain asing ini, selama pengaturan dan mekanisme penggunaannya tepat, dapat memberikan dampak positif bagi pemain Indonesia terutama, dalam hal pengetahuan basket dan peningkatan rasa percaya diri.

Sistem dan mekanisme penggunaan pemain asing dengan format baru ini akan menjadi salah satu agenda IBL pada rapat pemilik klub IBL bulan Juli 2019.

https://bola.kompas.com/read/2019/07/07/09200058/demi-fiba-world-cup-2023-timnas-basket-putra-indonesia-berbenah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke