Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pelecehan Rasial di Kualifikasi Euro, FA Senang Montenegro Dihukum

KOMPAS.com - Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) menyambut baik hukuman yang dijatuhkan UEFA untuk Montenegro terkait kasus pelecehan rasial di laga Kualifikasi Piala Eropa 2020 Grup A di Stadion Gradski, Podgorica, 25 Maret lalu.

Laga Montenegro vs Inggris berakhir dengan skor 1-5 untuk kemenangan tim tamu. Pada pertandingan tersebut, sejumlah pemain Inggris mendapat serangan verbal bernada pelecehan rasial dari suporter tuan rumah. Mereka di antaranya adalah Danny Rose, Raheem Sterling, dan Callum Hudson-Odoi.

Belum lama ini, UEFA menjatuhkan sanksi berupa laga kandang tanpa penonton saat Montengero menjamu Kosovo pada 7 Juni mendatang.

Asosiasi Sepak Bola Inggris pun menyambut baik perkembangan tersebut di sebuah posting Twitter.

Melalui akun Twitter mereka, FA menyatakan mengakui keputusan UEFA atas sanksi yang dijatuhkan ke Asosiasi Sepak Bola Montenegro.

"Kami akan terus bekerja dengan otoritas terkait di sepak bola untuk memastikan bahwa semua pemain dapat menikmati permainan di lingkungan yang bebas diskriminasi."

Seusai laga melawan Montenegro, Sterling sempat meminta UEFA untuk memberlakukan larangan datang ke stadion bagi suporter yang terlibat.

"Ini sudah tahun 2019 dan saya pikir harus ada hukuman nyata untuk ini, bukan hanya pelarangan untuk beberapa orang," kata pemain Manchester City itu.

Bagi Sterling, hukuman yang dijatuhkan pada kasus pelecehan rasial sudah seharusnya berlaku kolektif.

“Stadionnya bisa menampung 15.000 orang dan saya pikir hukuman terhadap suatu bangsa yang pendukungnya meneriakkan pelecehan rasis adalah seluruh stadion tidak dapat menontonnya." ucap Sterling.

Menurut Sterling, hukuman yang dijatuhkan dalam kasus pelecehan rasial harus membuat pelakunya berpikir dua kali jika ingin mengulanginya.

"Karena mereka semua mencintai sepak bola, mereka semua ingin berada di sana untuk mendukung negara mereka sehingga itu akan membuat mereka berpikir dua kali untuk melakukan sesuatu yang konyol seperti itu," ujar Sterling.

https://bola.kompas.com/read/2019/04/27/11212088/pelecehan-rasial-di-kualifikasi-euro-fa-senang-montenegro-dihukum

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke