Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rasisme di Serie A, Para Bintang Kulit Hitam Ramai-ramai Kecam Bonucci

KOMPAS.com - Para bintang kulit hitam ramai-ramai mengecam bek Juventus, Leonardo Bonucci, atas komentarnya terkait kasus rasisme yang kembali terjadi Serie A Liga Italia.

Penyerang muda Juventus, Moise Kean, diketahui menjadi korban pelecehan rasial pendukung Cagliari saat laga kedua tim di Sardegna Arena, Cagliari, Selasa (2/4/2019) atau Rabu dini hari WIB.

Laga dimenangkan Juve dengan skor 2-0. Kedua gol dicetak Kean. Usai mencetak gol, Kean berselebrasi di hadapan pendukung tuan rumah yang mengejeknya. Bonucci diketahui menyalahkan Kean atas tindakannya itu.

"Kalian semua bisa tertawa sekarang," tulis Sterling untuk menunjukkan betapa kurangnya pemahaman Bonucci tentang isu rasial di sepak bola.

Kecaman kepada Bonucci juga datang dari penyerang Marseille, Mario Balotelli. Pemain tim nasional Italia dari keluarga imigran itu menyebut Bonucci seharusnya membela Kean.

"Katakan kepada Bonucci bahwa dia beruntung saya tidak ada di sana. Dia seharusnya membela Anda (Kean) daripada melakukan ini (menyalahkan)," kata Balo.

"Rekan setim Anda diserang dan Anda mengatakan hal-hal seperti itu. Anda bisa membayangkan betapa sakitnya saya ketika melihat hal ini terjadi. Kita harus melakukan sesuatu untuk bergerak sesegera mungkin," kata Toure.

"Saya tidak ingin memahami apa yang dikatakan (Bonucci) karena itu tidak menghormati rekan setimnya. Saya tidak ingin bersikap kasar dengannya, tetapi jika dia rekan setim saya, dia akan merasakan saya hari ini," ucap mantan pemain timnas Pantai Gading itu.

"Ada ejekan rasial setelah gol itu, Blaise (Blaise Matuidi, pemain Juve yang juga berkulit hitam) mendengarnya dan marah. Saya pikir kesalahannya 50-50 karena Moise seharusnya tidak melakukan itu dan Curva (pendukung Cagliari) seharusnya tidak bereaksi seperti itu," kata Bonucci kepada Sky Sport Italia.

"Kita adalah adalah para profesional. Kita harus memberikan contoh dan tidak memprovokasi siapa pun," ujar pemain timnas Italia itu.

https://bola.kompas.com/read/2019/04/04/07055558/rasisme-di-serie-a-para-bintang-kulit-hitam-ramai-ramai-kecam-bonucci

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke