Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

PSSI Dapat Pelajaran Berharga dari Kasus Ezra Walian

KOMPAS.com - PSSI mendapatkan pelajaran berharga dari kasus yang menimpa pemain timnas U-23 Indonesia, Ezra Walian.

Ezra Walian batal tampil membela timnas U-23 Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-23 2020, pekan lalu, karena tersandung masalah regulasi AFC.

AFC mendapati bahwa Ezra Walian yang merupakan pemain naturalisasi, pernah memperkuat timnas Belanda kelompok umur pada ajang resmi sebelum menjadi warga negara Indonesia (WNI).

Dengan masalah ini, Ezra Walian yang sudah datang memenuhi panggilan timnas U-23 Indonesia pun terpaksa hanya menjadi penonton.

Sekjen PSSI, Ratu Tisha, pun mengaku PSSI mendapat beberapa pelajaran berharga dari permasalahan ini.

"Pertama keterbukaan terhadap agen dan pemain pada PSSI. Dalam CV (Curriculum Vitae) Ezra, kami tidak menerima Ezra bermain kompetisi resmi U-17," kata Ratu Tisha kepada wartawan.

Menurut Tisha, kasus Ezra menjadi peringatan bagi PSSI untuk lebih berhati-hati mempersiapkan berkas pemain yang akan didaftarkan membela Indonesia.

"Oleh karena itu, pelajaran yang paling penting untuk PSSI adalah mengesahkan regulasi perantara atau regulasi mengatur intermediaris agar segala kelengkapan sejak awal terjaga."

"Kami tidak bisa menyalahkan agen juga. Mungkin saat itu, belum ada data yang belum diterima atau ada kekurangan," ujarnya. (Muhammad Robbani)

https://bola.kompas.com/read/2019/03/28/17400008/pssi-dapat-pelajaran-berharga-dari-kasus-ezra-walian

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke