Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Keunggulan Stadion Baru Tottenham dari Old Trafford dan Anfield

KOMPAS.com - Tottenham Hotspur memiliki stadion baru senilai 1 miliar pounds atau 18 triliun rupiah lebih yang akan siap digunakan saat menjamu Crystal Palace di ajang Liga Inggris pada 3 April 2019.

Peresmian stadion tersebut ditandai dengan berlangsungnya test event Tottenham Hotspur U-18 menghadapi akademi Southampton pada Minggu (24/3/2019).

"Terima kasih sekali kepada para fans karena telah begitu sabar dalam dua tahun terakhir sejak kami pindah ke Wembley," ujar pelatih Tottenham Hotspur, Mauricio Pochettino, kepada Independent.

"Namun, semua kesabaran telah terbayarkan dan kita akan mengarungi petualangan yang luar biasa bersama."

Berikut adalah lima alasan yang membuat stadion baru Tottenham lebih unggul ketimbang kandang rival-rival mereka.

1. Home End, Tribune Satu Tingkat Terbesar di Inggris Raya

Tribune Selatan stadion baru Tottenham berkapasitas 17.500 penonton, menjadikannya tribune satu tingkat terbesar di Inggris Raya. Kapasitasnya melebihi The Kop, tribune dengan desain serupa di Anfield, kandang Liverpool, yang mempunyai daya tampung 12 ribu penonton.

Tribune ini bahkan mempunyai kapasitas lebih besar dari Stadion Vitality, kandang tim Premier League, Bournemouth, dengan kapasitas 11 ribu penonton.

Home End mempunyai tinggi kurang lebih 34 meter, sama dengan tinggi candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah.

2. Jarak Maksimum Baris Pertama Penonton dengan Lapangan

Stadion baru Totenham membuat penonton sangat dekat dengan lapangan.

Jarak terdekat antara barisan pertama kursi suporter dengan pinggir lapangan adalah 4,9 meter dengan jarak terjauh hanya 7,9 meter.

Bandingkan ini dengan jarak terjauh antara baris pertama suporter dan lapangan di stadion dengan desain serupa, jarak di Stadion Wembley mencapai 18 meter dan London Stadium (kandang West Ham) mencapai 20 meter.

Jauhnya lapangan dengan baris pertama penonton membuat London Stadium kerap dicap tidak memiliki atmosfer sehingga sering dikeluhkan oleh fans West Ham.

3. Layar Raksasa Terbesar di Eropa

Kandang Manchester United, Old Trafford, dan markas Liverpool, Anfield, merupakan dua stadion paling ikonik Inggris yang sampai sekarang belum mempunyai layar raksasa.

Ide untuk memasang layar raksasa di Old Trafford sebenarnya pernah dijajaki Man United tetapi klub kesulitan menemukan ruang untuk memasang layar tersebut tanpa menghalangi pemandangan sebagian fans.

4. Bar Terpanjang di Eropa

Bar ini tak hanya menyediakan konsumsi beralkohol tetapi juga beragam minuman lain dan merupakan bar terpanjang di Eropa dengan panjang 65 meter.

Bahkan, Tottenham memiliki ruang microbrewery sendiri di mana mereka dapat menyajikan bir yang disajikan lewat metode unik mereka.

5. Desain untuk Menjadi Venue Laga NFL

Berbeda dari stadion Liga Inggris lain, stadion baru Tottenham sejak awal didesain untuk menjadi venue dua olahraga berbeda, sepak bola dan American Football.

NFL (Liga American Football) acapkali mengadakan pertandingan reguler mereka di London. Biasanya, Wembley menjadi venue laga-laga tersebut tetapi stadion Spurs lebih dari siap untuk menggantikan stadion kebesaran Inggris tersebut.

Dijadwalkan, akan ada dua pertandingan NFL bergulir di stadion Spurs sepanjang 2019.

Stadion baru Spurs akan mempunyai dua lapangan demi mengakomodasi dua olahraga ini. Pertama, adalah rumput natural yang akan menjadi lapangan sepak bola. Rumput tersebut bisa ditarik keluar dan digantikan oleh lapangan sintetis untuk laga-laga NFL.

Tak hanya lapangan, area ruang ganti pun sudah didesain untuk menampung skuat NFL yang lebih besar dari sepak bola.

https://bola.kompas.com/read/2019/03/25/21200018/5-keunggulan-stadion-baru-tottenham-dari-old-trafford-dan-anfield

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke