Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

CEO Dorna: MotoGP Indonesia 2021 Akan Spesial dan Berbeda

KOMPAS.com - CEO Dorna, Carmelo Ezpelata, menyebut MotoGP Indonesia pada 2021 mendatang akan sangat spesial dan berbeda dari seri lainnya.

Hal ini diungkapkan oleh Carmelo saat konferensi pers, Sabtu (09/03/2019). Konferensi pers ini digelar di sela-sela latihan bebas ketiga (FP3) dan kualifikasi MotoGP Qatar di Sirkuit Losail.

Menurut Carmelo, kepastian MotoGP diselenggarakan di Indonesia pada 2021 mendatang sangat menggembirakan karena usaha dan penantian banyak pihak sejak lama akan berakhir.

"Sudah bertahun-tahun lalu, sejak 1997-1998, di Jakarta (Sirkuit Sentul), kami punya misi menyelenggarakan MotoGP di Indonesia. Seperti Anda tahu, Indonesia adalah salah satu negara dengan pengguna motor terbesar di dunia," kata Carmelo.

"Kami tahu, balap motor khususnya MotoGP adalah salah satu olah raga penting di Indonesia. Setahun lalu, kami mulai berbicara dengan ITDC. Akhirnya, kami punya kesempatan mengumumkan, jika semua berjalan sesuai rencana, MotoGP akan digelar di Indonesia pada 2021 mendatang," ujar Carmelo menambahkan.

Lebih lanjut, Carmelo memastikan MotoGP seri Indonesia akan menjadi balapan yang sangat menarik dan patut untuk disaksikan.

Karakter lintasan di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, menjadi alasan Carmelo.

"Seri MotoGP di Indonesia akan menjadi balapan yang istimewa. Saya sudah mengunjungi dan melihat tempat balapan (Sirkuit Mandalika). Balapan (di Indonesia) akan sangat spesial," kata Carmelo.

"Kami senang atas kesempatana ini. Untuk kami, ini adalah langkah besar untuk masa depan MotoGP," ujar Carmelo menambahkan.

Kepastian Indonesia menyelenggarakan MotoGP 2021 didapat setelah Dorna dan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) atau PT. Pengembangan Pariwisata Indonesia menandatangani kontrak kerja sama awal tahun ini.

Dalam kesepakatan itu, Sirkuit Mandalika akan dibangun oleh Vinci Construction and Grand Projets, perusahaan infrastruktur global asal Perancis di atas tanah negara yang dikelola ITDC.

Rencananya, Sirkuit Mandalika akan mulai dibangun pada Oktober 2019 dan selesai akhir 2020 mendatang.

Nantinya, MotoGP Indonesia 2021 akan menggunakan konsep sirkuit jalanan. Adapun desain Sirkuit Mandalika akan memiliki panjang lintasan 4,32 km dengan 18 tikungan.

https://bola.kompas.com/read/2019/03/10/06400008/ceo-dorna--motogp-indonesia-2021-akan-spesial-dan-berbeda

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke