Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sani Rizki Fauzi, Pelecut Kemenangan Timnas U-22 Indonesia

Timnas U-22 Indonesia meraih gelar Piala AFF U-22 2019 setelah mengalahkan Thailand dengan skor akhir 2-1.

Kemenangan ini tak lepas dari peran Sani Rizki yang membuka keran gol bagi skuad asuhan Indra Sjafri. Dia berhasil mencetak gol penyama kedudukan pada menit ke-59.

Gol Sani Rizki itu menjadi gol pertama ke gawang Thailand selama ajang Piala AFF U-22 berlangsung.

Lalu, dilanjutkan dengan gol Osvaldo Haay sehingga Garuda Muda berhasil unggul 2-1 hingga laga berakhir.

Sosok Sani Rizki dalam timnas U-22 Indonesia sebelumnya memang tidak sepopuler Egy Maulana Vikri atau Witan Sulaeman.

Sani Rizki adalah seorang polisi berpangkat Bripda. Dia diterima menjadi siswa kepolisian SPN Lido pada tahun 2016. Pada tahun 2018, dia masuk skuad utama Liga 1 di Bhayangkara FC.

Karier dalam dunia persepakbolaannya mendapat dukungan dari sosok ibunya, yakni Ida.

Ida memiliki pengalaman pernah lolos seleksi timnas sepak bola wanita tahun 1987 dan mengikuti training camp Galanita. Namun, saat itu, Ida tidak mendapatkan restu dari orangtua untuk menekuni sepak bola.

Walau begitu, Ida tidak serta merta menahan Sani Rizki untuk tidak menekuni sepak bola. Ida malah mendukung penuh karier sepakbola anaknya itu dengan mendaftarkan ke Sekolah Sepak Bola Persatuan Putra Bangsa (PSPB) Cicurug karena melihat talenta sepak bola Sani sejak usia 1,5 tahun.

Setelah menjalani latihan di PSPB Cicurug hingga kelas 3 SMP, Sani kemudian direkrut oleh tim dari Jakarta Timur, bernama Urakan FC. Bersama Urakan FC, Sani mengikuti kompetisi Piala Soeratin.

Setelah bergabung dengan Urakan FC, karier Sani Rizki Fauzi berkembang. Dia mendapatkan beasiswa untuk menempuh pendidikan olahraga di PPLP Ragunan pada 2015.

Hingga akhirnya, dia menjalani debut profesional pertamanya bersama Bhayangkara FC pada 2018.

Selama bermain di Bhayangkara FC, Sani Rizki, kerap disebut sebagai anak kesayangan Simon McMenemy. Pemain asal Sukabumi itu sudah mencatatkan 18 penampilan bersama Bhayangkara FC dan satu gol dalam kompetisi Liga 1 2018.

Terkait keberhasilannya turut serta membantu perjuangan timnas U-22 dalam menjuarai Piala AFF U-22, Sani pun mengucakan terima kasih kepada semua yang mendukungnya.

"Terima kasih kepada seluruh masyarakat Indonesia atas doa dan support yang telah diberikan, dan khususnya buat orang tua saya," ujarnya.

https://bola.kompas.com/read/2019/02/27/18000008/sani-rizki-fauzi-pelecut-kemenangan-timnas-u-22-indonesia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke