Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Indonesia Vs Thailand, "Bisikan" Indra Sjafri kepada Timnas U-22

KOMPAS.com — Para pemain tim nasional U-22 Indonesia diminta oleh pelatih untuk mewaspadai pola serangan switch play dari Thailand saat kedua tim bertemu pada final Piala AFF U-22 di Stadion Nasional, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (26/2/2019) pukul 18.30. 

"Pelatih bilang Thailand mainnya switch play. Saya melihat sendiri juga kalau Thailand bermain seperti itu. Jadi itu yang harus diantisipasi," kata gelandang Muhamad Rafi Syarahil.

Switch play secara sederhana dapat diartikan sebagai pola serangan yang kerap memindahkan bola dari satu sisi ke sisi lain dalam waktu cepat untuk membongkar dan membuka celah pertahanan lawan.

Umpan lambung menyilang kerap menjadi tumpuan dalam memindahkan posisi bola ke sisi lapangan yang berlawananan dalam situasi menyerang.

Biasanya untuk mengantisipasi pola demikian, tim yang sedang bertahan harus bisa menjaga setiap sisi lapangan demi menutup jalur umpan silang lambung dan memaksa pemain lawan melakukan umpan-umpan pendek.

Sementara itu, Rafi mengatakan bahwa mulai derasnya dukungan kepada timnas U-22 ketika ia dan rekan-rekannya berhasil mencapai partai final disikapinya bukan menjadi beban.

"Malah jadi motivasi semangat, suporter kan mendukung kita," kata pemain kelahiran 15 November 2000 itu.

"Jadi semakin suporter mendukung membuat kami semakin semangat untuk meraih juara," ujar pemain Barito Putera itu.

Rafi juga memastikan dalam kondisi 100 persen kendati di semifinal menghadapi Vietnam ia sempat mengalami masalah dengan leher ketika terjadi perebutan bola dengan lawan.

Ia mengaku siap jika dipercaya oleh Pelatih Timnas U-22 Indra Sjafri untuk turun di partai pamungkas Piala AFF U-22 melawan Thailand di Stadion Nasional, Selasa (26/2/2019) malam.

https://bola.kompas.com/read/2019/02/26/10000088/indonesia-vs-thailand-bisikan-indra-sjafri-kepada-timnas-u-22

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke