Salin Artikel

Rossi dan Para Atlet Dunia yang Masih Berlaga di Usia 40 Tahun

KOMPAS.com - Legenda hidup MotoGP, Valentino Rossi baru saja genap menapaki usia 40 tahun. Usia yang tergolong tua untuk ukuran atlet.

Rossi akan menjadi pebalap tertua yang berlaga di era MotoGP modern.

Di usia kepala empat, Rossi masih bertekad mengincar gelar juara dunia ke-10. Menggenapi sembilan gelar yang sudah dikoleksinya hingga sejauh ini.

Rossi bukanlah satu-satunya atlet yang masih berlaga di usia 40 tahun ke atas. Ada beberapa atlet dari cabang lain yang melakukan hal yang sama. Bahkan, ada yang mencapai 48 tahun.

Berikut daftar nama atlet-atlet tersebut seperti dikutip dari Motogp.com:

1. George Foreman (Tinju)

George Foreman adalah petinju Amerika Serikat yang pernah bertarung dengan Muhammad Ali pada 1974. Juara kelas berat dua kali dan peraih medali emas Olimpiade itu sempat pensiun setelah eksis berkarier dari 1969 hingga 1977.

Pada 1987, Foreman memutuskan naik ring lagi. Ia baru benar-benar pensiun pada 1997 saat usianya sudah menginjak 48 tahun. Ia tercatat menjadi juara kelas berat dunia tertua dalam sejarah.

2. Michael Jordan (Basket)

Legenda basket NBA, Michael Jordan menjadi pebasket pertama yang mengumpulkan 43 poin di pertandingan saat berusia 40 tahun. Ia pernah enam kali mengantarkan Chicago Bulls menjuarai NBA.

Sempat pensiun pada 1999, Jordan kembali ke arena pada 2001 dengan bergabung ke Washington Wizard. Berselang tiga tahun kemudian, ia akhirnya benar-benar pensiun dari dunia basket.


3. Michael Schumacher (Balap F1)

Mantan pebalap Ferrari, Michael Schumacher sering dianggap sebagai salah satu yang terhebat sepanjang masa.

Ia meraih tujuh kali gelar juara dunia, lima di  antaranya bersama Ferrari dari 2000 hingga 2004. Ia memutuskan pensiun pada akhir musim 2006 dengan rekor 91 kemenangan.

Pada 2010, Schumacher mengumumkan kembali ke F1 pada usia 41 tahun dengan bergabung Marcedes. Setelah dua tahun, ia akhirnya benar-benar pensiun lagi dari F1.


4. Nasser Al-Attiyah (Balap Reli)

Nasser Al-Attiyah sudah banyak malang melintang di dunia reli. Pereli asal Qatar itu pernah berlaga di reli dunia WRC, sebelum akhirnya pindah ke Reli Dakar.

Di ajang reli terganas di dunia itu, Al-Attiyah sudah meraih tiga kali juara. Ia meraih gelar ketiganya pada edisi 2019 saat sudah menginjak usia 48 tahun.


5. Gianluigi Buffon (Sepak Bola)

Mantan kiper tim nasional Italia, Gianluigi Buffon kini sudah berusia 41 tahun. Setelah 17 tahun membela Juventus, ia pindah ke klub Perancis, Paris Saint-Germain.

Di level tim nasional, Buffon tercatat menjadi pemain Eropa dengan caps terbanyak. Ia pernah 176 kali memperkuat timnnas Italia.

Prestasi tertingginya adalah meraih gelar juara Piala Dunia pada 2006.

https://bola.kompas.com/read/2019/02/18/09540098/rossi-dan-para-atlet-dunia-yang-masih-berlaga-di-usia-40-tahun

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.