Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini 5 Fakta Hansamu Yama, Bintang Baru Persebaya

Peresmian ini sekaligus menjadi kado istimewa bagi Hansamu karena dia berulang tahun ke-24 pada hari ini.

"Bergabung ke Persebaya adalah kado istimewa di hari ulang tahun saya. Persebaya adalah tim impian saya sejak kecil. Salah satu mimpi saya kini terwujud dengan bergabung ke Persebaya," kata Hansamu Yama dikutip dari instagram resmi Persebaya.

Hadirnya Hansamu kemungkinan besar akan membuat pertahanan Persebaya Surabaya bakal sulit ditembus. Dia merupakan palang pintu andalan baik bersama tim nasional atau Barito Putera pada musim lalu. Bersama Barito, Hansamu mencatatkan 19 penampilan dengan total 1.558 menit.

Kompas.com pun merangkum fakta lain soal Hansamu Yama. Berikut urainnya:

1. Pernah menimba ilmu di Uruguay

Hansamu pernah bergabung dengan SAD (Sociedad Anonima Deportivo). SAD menaungi kumpulan pemain sepak bola Indonesia usia 17 tahun ke bawah yang berguru di Uruguay.

Di Uruguay, Hansamu merasakan atmosfer kompetisi. Dia pernah mengikuti kompetisi Liga U-17 Uruguay pada 2011-2013.

2. Persebaya klub lokal ke-3 untuk Hansamu

Setelah meninggalkan Uruguay, Hansamu memilih berkarier di Indonesia. Klub pertamanya adalah Barito Putera. Dia mulai membela Barito sejak tahun 2013.

Pada musim 2015-2016, Barito meminjamkan Hansamu ke Bali United. Hanya satu musim di Bali United, Hansamu kembali lagi ke Barito dan memperkuat klub tersebut hingga 2018.

Lalu bagaimana dengan kartu kuning? Hansamu bukan pemain langganan kartu kuning. Musim lalu saja, dia hanya menerima dua kartu kuning. Total di klub, dia baru mengoleksi 10 kartu kuning. Sementara di timnas, Hansamu sudah mengantongi 7 kartu kuning.

4. Pencetak gol timnas Indonesia di semifinal Piala AFF 2016

Jelang Piala AFF 2016, Hansamu mendapatkan kecaman dari netizen di dunia maya. Hansamu dianggap biang dari cedera yang dialami Irfan Bachdim saat tim sedang berlatih. Irfan pun harus mengubur mimpinya tampil di Piala AFF 2016.  

Hujatan dari pubik membuat Hansamu tak mendapatkan tempat di tim utama saat tampil Piala AFF 2016. Pelatih Alfred Riedl lebih mengandalkan duet Fachruddin Aryanto dan Yanto Basna.

Hansamu baru bermain saat Indonesia tampil di semifinal pertama melawan Vietnam. Dia sukses mencetak gol pertama. Indonesia kemudian menang dengan skor 2-1.

Pada pertemuan kedua, Indonesia menahan imbang Vietnam dengan skor 2-2. Dengan begitu, Indonesia lolos ke final.

5. Nomor punggung Hansamu

Di Persebaya, Hansamu tetap menggunakan nomor punggung 23. Nomor tersebut seperti menjadi identitasnya. Dia memakai nomor tersebut saat memperkuat Barito atau timnas. Selain nomor 23, Hansamu juga tercatat pernah mengenakan nomor punggung 32 dan 16.

https://bola.kompas.com/read/2019/01/16/16174788/ini-5-fakta-hansamu-yama-bintang-baru-persebaya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke