Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berita Transfer, Rekap Perkembangan Transfer Liga 1

KOMPAS.com - Barito Putera sukses mempertahankan Samsul Arif untuk musim depan. Tim berjulukan Laskar Antasari tersebut mengikat Samsur Arif dengan kontrak satu tahun. 

Samsul memang layak dipertahankan. Penyerang berusia 34 tahun itu mampu menjadi mesin gol tim pada Liga 1 2018 dengan catatan 14 gol. Dengan catatan itu juga, Samsul menjadi pemain Indonesia tersubur.

Samsul Arif berada di peringkat ke-8 daftar pencetak gol, setelah papan atas klasemen dikuasai pemain asing. Selain Samsul Arif, Barito Putera juga mendatangkan pemain lokal yakni, Andri Ibo.

Lalu bagaimana kabar perkembangan transfer dari klub lain? Berikut perkembangan bursa transfer sementara Liga 1 2019.

1. Barito Putera

Striker Samsul Arif bertahan di Barito Putera. Dia menandatangani perpanjangan kontrak berdurasi satu tahun.

Barito pun memperkenal tiga pemain baru, yakni Andri Ibo, Yakub 'Yazha' Sayuri, dan Muhammad Affandi Yusuf.

  • Rekap Piala Asia 2019, Daftar Tim yang Sudah Lolos ke Babak 16 Besar
  • Persib Bandung Masih Negosiasi dengan Penyerang Berlabel Timnas Indonesia

Andri Ibo didatangkan dari Persipura, Yakub 'Yazha' Sayuri didatangkan dari Persitoli Tolikara, dan Affandi Yusuf dari PS Badung Bali.

Sebelumnya, Barito Putera telah merekrut Evan Dimas, Ahmad Mahrus Bachtiar (eks Semen Padang), kapten timnas U-16 David Maulana.

2. Persib Bandung

Lima pemain tersebut ialah Srdan Lopicic, Esteban Vizcarra. Tiga pemain lain yakni Frets Butuan, Erwin Ramdhani, dan Abdul Aziz Lutfi Akbar.

Persib juga masih dalam tahap negosiasi dengan Patrich Wanggai.

"Wanggai dia masih dalam tahap pembicaraan, negosiasi, dia masih butuh waktu untuk bicara dengan keluarganya. Manajemen sudah komunikasi dengan Wanggai, jadi tunggu waktu," ujar Kuswara S Taryono, dikutip dari Tribun Jabar.

Masuknya pemain baru membuat Persib juga harus melepas sejumlah pemain. Total ada delapan pemain yang mengakhir kerja sama dengan Persib. Mereka adalah Victor Igbonefo, On In-kyun, Jonathan Bauman, Tony Sucipto, Atep, Eka Ramdani, Airlangga Sucipto, dan Imam Arif Fadilah.

3. Bali United

Bali United memiliki pelatih baru yang diumumkan pada Senin (14/1/2019) yakni mantan pelatih Persija Stefano Cugurra (Teco).

Selain kehadiran pelatih baru, Bali United pun memdatangkan pemain baru yakni Paulo Sergio, Ahmad Maulana (Borneo FC), Haudi Andillah (PSIS Semarang), Samuel Reimas (Perseru Serui), dan Michael Orah (Persija Jakarta).

Bali United telah melepas sembilan pemainnya yakni, Yandi Sofyan, I Made Wardana, I Gede Sukadana, Novan Setya, M Ndiaye, Syaiful Indra Cahya, Demerson Bruno, Nick Van der Velden, dan Taufik Hidayat.

Pada Senin (14/1/2019), Bali United mengumumkan empat pemain lagi yakni Gunawan Dwi Cahyo, Gusti Sandria, Willian Pacheco, dan Leonard Tupamahu.

4. Semen Padang

Semen Padang memiliki pemain baru yakni bek asal Uzbekistan, Shukurali Pulatov. Akan tetapi Shukurali Pulatov masih dalam status pra-kontrak. Ia akan dikontrak setelah lulus tes kesehatan.

Pra-kontrak juga berlaku untuk kiper Teja Paku Alam. Musim lalu, Teja Paku Alam memperkuat Sriwijaya FC.

Sebelumnya, Semen Padang telah mendatangkan Syaiful Indra Cahya dari Bali United.

5. PSM Makassar

Pada Senin (14/1/2019), PSM Makassarkan mengumumkan dua pemain asing, yakni Eero Markkanen dan Aaron Evans.

Sebelumnya, PSM Makassar memperkenalkan enam pemain baru pada Minggu (13/1/2019), yakni Bayu Gatra, Benny Wahyudi, Muhar, dan Hery Prasetyo dari Madura United.

Dua pemain lainnya Yandi Sofyan dan Taufik Hidyata direkrut PSM Makassar dari Bali United.

6. Borneo FC

Sebelumnya Borneo FC telah mengikat mantan kiper Persebaya Alfonsius Kelvan dan pemain asing asal Uzbekistan, Javlon Guseynov

Pada Minggu (13/1/2019), dua pemain lokal diresmikan Borneo FC yakni Makarius Suruan yang berposisi sebagai bek dan Finky Pasamba di posisi gelandang.

Makarius adalah mantan pemain Perseru dan Finky merupakan mantan pemain PSMP Mojokerto Putra.

7. Persija Jakarta

Persija Jakarta sementara ini memiliki lima pemain baru yakni, Ryuji Utomo, Heri Susanto (eks pemain PSM Makassar), Resky Fandi (Martapura FC/Timnas U-19 Indonesia), Dany Saputra (eks Bhayangkara FC), dan Bruno Matos.

Terbaru Persija mendatangkan pengganti Rohit Chand, Jahongir Andumuminov asal Uzbekistan.

"Gembira dan senang. Saya sudah tidak sabar untuk bermain dengan tim," kata Jahongir Abdumuminov sebagaimana dikutip BolaSport.com dari rilis resmi Persija.

8. Madura United

Sebelumnya, Madura United mengumumkan bek yang musim 2018 bermain untuk Persija Jakarta, yakni Jaimerson da Silva Xavier pada Kamis (10/01/2019).

Sebelumnya, Madura United telah mengikat sejumlah pemain yakni Dano Milovanovic, Andik Vermansah, Muhammad Ridho, Zulfiandi, Fandri Imbiri, dan Marco Sandy Meraudje.

9. Persebaya Surabaya

Persebaya baru mendatangkan bek yang musim 2018 bermain untuk Bali United, yakni Novan Setya Sasongko. Nama Hansamu Yama juga disebut telah bergabung dengan Persebaya Surabaya.

Hal tersebut diketahui dari unggahan instagram Barito Putera pada Kamis (10/01/2018).

"Mohon maaf sebelumnya pak, saya sudah beristikharah dan berfikir sekali untuk tetap di Barito. Tetapi saya tidak bisa melanjutkannya dan musim ini saya memilih ke Persebaya," ujar Hansamu Yama dikutip dari postingan instagram Barito.

10. Arema FC

Selain itu Arema FC kedatangan lima pemain saat sesi latihan di Stadion Gajayana, Kamis (10/01/2018).

Robert Lima Guimaraes 'Gladiator' striker asal Brasil, Pavel Smolyachenko gelandang asal Uzbekistan, Sandi Firmansyah, Ikhfanul Alam dan Rachmat Latief.

Kedua pemain asing itu telah melakukan tes medis.

"Sandi Firmansyah, Rachmat Latief, dan Ikhfanul Alam yang sudah sepakat bergabung," kata Ruddy Widodo General Manager Arema FC, Rabu (9/1/2019), dikutip BolaSport.com dari Surya Malang.

11. PSS Sleman

PSS Sleman resmi merekrut Kushedya Hari Yudo yang musim lalu berseragam Kalteng Putra.

Kushedya Hari Yudo merupakan pemain produktif ketiga di Liga 2 2018.

https://bola.kompas.com/read/2019/01/15/17074678/berita-transfer-rekap-perkembangan-transfer-liga-1

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke