Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kepindahan Ronaldo ke Juventus Jadi Peringatan Barcelona Soal Messi

KOMPAS.com - Nasib buruk Real Madrid yang ditinggal Cristiano Ronaldo ke Juventus bisa saja menimpa Barcelona jika tidak menjaga Lionel Messi.

Hal ini diungkapkan mantan pemain Barcelona, Jordy Cruyff. Menurut pria asal Belanda itu, Barcelona harus belajar dari kesalahan fatal yang dilakukan Real Madrid.

"Apa yang terjadi di Real Madrid menjadi peringatan untuk Barcelona. Di sepak bola, Anda butuh pemain yang bisa membuat tim tetap tenang meski sedang kalah 0-2," kata Cruyff dikutip dari situs Goal, Rabu (26/12/2018).

"Karakter itu ada di Ronaldo dan Messi. Ini lebih dari sepak bola, ini adalah tentang kepercayaan," tutur Cruyff menambahkan.

Cruyff mengaku tidak mengerti alasan Real Madrid berani melepaskan Ronaldo yang merupakan tulang punggung tim.

"Anda bisa melihat penampilan Real Madrid tanpa Ronaldo saat ini. Ronaldo adalah pemain yang bertugas memegang payung," kata Cruyff.

"Ketika turun hujan, Anda pasti membutuhkan payung. Sekarang, Real Madrid sudah basah kuyup karena tidak lagi punya payung," ujar Cruyff menambahkan.

Tidak lama setelah bergabung ke Juventus, Ronaldo memberi tantangan untuk Messi. Ronaldo ingin Messi keluar dari zona nyamannya dan pindah ke Italia.

Hingga saat ini, Messi masih belum memberi tanggapan terhadap tantangan Ronaldo.

Kemungkinan Messi untuk meninggalkan Barcelona dalam waktu dekat bisa dibilang sangat kecil. Selain karena masih punya kontrak hingga 2021, Messi sudah berikrar hanya akan membela Barcelona selama berkarier di Eropa.

Pemain berusia 31 tahun itu berencana akan pensiun di kampung halamannya, Argentina. Messi ingin gantung sepatu di tim masa kecilnya, Newell's Old Boys.

https://bola.kompas.com/read/2018/12/26/16210018/kepindahan-ronaldo-ke-juventus-jadi-peringatan-barcelona-soal-messi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke