Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gambar dan Jersey Messi Akan Dibakar


RAMALLAH, Kompas.com - Pimpinan asosiasi sepak bola Palestina meminta para penggemar sepak bola untuk membakar poster dan replika jersey striker Argentina, Lionel Messi, jika ia memperkuat tim tango menghadapi Israel di Jerusalem, pekan depan.

Juara dunia dua kali Argentina berencana melakukan pertandingan persahabatan menghadapi timnas Israel di Stadion Teddy Kolek, Jeruselam, pada Sabtu malam pekan ini, sebagai persiapan menjelang berlangsungnya Piala Dunia di Rusia.

Pihak Palestina menuduh pihak Israel memanfaatkan pertandingan persahabatan ini sebagai propaganda mengampanyekan Jerusalem sebagai ibu kota Israel.

Stadion Teddy Kolek terletak di bagian barat Jerusalem. Sementara pihak Palestina menginginkan bagian timur Jerusalem sebagai ibu kota negara mereka, termasuk wilayah jalur Gaza dan Tepi Barat yang kini dikuasai Israel.

Namun, status Jerusalem sendiri masih kontroversial. Pertandingan sendiri awalnya akan digelar di Haifa, namun pihak Israel memutuskan memindahkannya ke Jerusalem. Sejauh ini AS telah menempatkan kantor kedubesnya ke kota ini.

"Pemerintah Israel telah menjadikan pertandingan sepak bola biasa menjadi isu politik. Mengacu kepada media Argentina, pertandingan kedua negara ini menjadi bagian perayaan 70 tahun berdirinya negara Israel," kata Ketua Asosiasi Sepak Bola Palestina Jibril Rajoub.

Pada Minggu (03/06/2018), Rajoub mengampanyekan penolakan tampilnya timnas Argentina, terutama Messi,  kepada para penggemarnya di negara-negara Arab dan Islam di Asia dan Afrika. "Dia adalah simbol utama. Jadi kami mengimbau agar para penggemar membakar baju dan gambarnya serta menolaknya. Kami tetap berharap Messi tidak akan datang," kata Rajoub di Ramallah.

Rajoub memang sejak lama mengampanyekan sanksi dari FIFA dan IOC untuk Israel.  Hal ini dikaitkannya dengan penguasaan Israel atas wilayah Tepi Barat dan sulitnya para atlet Palestina untuk berlatih dengan alasan keamanan. Namun, permintaannya belum ditanggapi pihak FIFA dan IOC.

Sejak Piala Dunia 1986, Argentina telah empat kali melakukan uji coba prapiala dunia di Israel. Di Rusia, Argentina bergabung di Grup D bersama Irlandia, Koasia, dan Nigeria.

Israel baru satu kali lolos ke putaran final Piala Dunia, yaitu di Meksiko pada 1970.

https://bola.kompas.com/read/2018/06/04/06384128/gambar-dan-jersey-messi-akan-dibakar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke