Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PSSI dan Plan Internasional Luncurkan Turnamen Sepak Bola Anak Perempuan

Kompas.com - 22/06/2017, 20:03 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dan Plan Internasional Indonesia Program Area Timor bersama Rumah Solusi Beta Indonesia meluncurkan turnamen sepak bola bagi anak perempuan (girls football). Kegiatan itu digelar di lapangan sepak bola Pusat Penerangan Masyarakat di Soe, ibu kota Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (22/6/2017).

Kegiatan itu dihadiri oleh Ketua Departemen Sport Intelligent PSSI Fary Djemy Francis, Eksekutif komite untuk sepak bola wanita PSSI Papat Yunisal, Bupati Timor Tengah Selatan Paul Mela, Wakil Bupati Timor Tengah Utara Aloysius Kobes, Program Area Manager Plan Internasional Indonesia Program Area Timor Imelda Adoe dan mantan penjaga gawang Timnas era 80-an Mutia Dathau.

Turnamen ini merupakan kelanjutan dari upaya inovatif Plan International Indonesia dalam mengampanyekan pencegahan kekerasan pada anak termasuk yang berbasis gender melalui sepak bola.

Turnamen dibuka dengan pertandingan persahabatan antara tim sepak bola perempuan Timor Tengah Selatan melawan tim sepak bola perempuan dari Timor Tengah Utara.

Ketua Departemen Sport Intelligent PSSI Fary Djemy Francis mengatakan, kegiatan tersebut merupakan komitmen dari Plan dan PSSI untuk menghasilkan pemain sepak bola perempuan berprestasi dari NTT.

"Perlu diketahui bahwa saat ini PSSI tengah menggalakkan sepak bola perempuan terutama usia dini," sebut Fary.

Selain itu, Plan dan PSSI juga berkomitmen menjadikan sepak bola sebagai pintu masuk kesetaraan gender. Melalui sepak bola, masyarakat diberi pemahaman mengenai berbagai hal seperti toleransi dan perdamaian.

Dia mencontohkan, pemimpin Afrika Selatan Nelson Mandela membangun perdamian melalui sepak bola. Fary yang juga pendiri Sekolah Sepak Bola Bintang Timur di Kabupaten Belu menyebutkan bahwa para pemain tidak hanya belajar bermain bola, tetapi juga dibekali dengan nilai-nilai kejujuran, percaya diri, persahabatan dan rendah hati.

Proyek Girls Football ini akan menyasar langsung pada 500 anak perempuan dari 20 SMP. Nantinya di tiap SMP akan ada satu  tim sepak bola anak perempuan.

Tim ini akan dilibatkan dalam kompetisi sepak bola anak perempuan di tingkat kabupaten dan propinsi. Turnamen serupa pernah digelar Plan International Indonesia di Jakarta, pada kurun waktu 2011-2013. Namun saat itu peserta pertandingan adalah pelajar perempuan tingkat SMA/SMK, di mana selama tiga tahun berturut-turut, pertandingan melibatkan 15 SMA/SMK Negeri Jakarta.

Imelda menyebutkan bahwa sebelumnya, di Jakarta, Wakil Ketua PSSI Joko Driyono mengatakan bahwa PSSI mengapresiasi dan mendukung tunamen Girls Football di area Timor.

Bentuk dukungan PSSI itu antara lain dengan menyediakan tenaga pelatih dan memberikan pelatihan teknis, peralatan standar sepak bola, serta memantau kompetisi yang akan berjalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com