Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Janji Wasit yang Pimpin El Clasico di Santiago Bernabeu

Kompas.com - 20/04/2017, 18:26 WIB

KOMPAS.com - Duel akbar bertajuk el clasico akan hadir di Santiago Bernabeu, Minggu (23/4/2017), antara Real Madrid dan Barcelona. Hernandez Hernandez kembali dipercaya untuk memimpin pertarungan dua seteru abadi tersebut.

Hernandez mengakui, dia dan rekan-rekannya memiliki tanggung jawab yang sangat besar. Meskipun demikian, dia berjanji untuk meminimalkan kesalahan.

Musim lalu, Hernandez juga mendapat kepercayaan memimpin el clasico di Camp Nou ketika Los Blancos menang 2-1. Diakuinya, setelah pertandingan dia akan menontonnya lagi untuk mempelajari apa yang salah dari kepemimpinannya.

"Kami menontonnya lagi (el clasico) untuk menganalisis. Usai setiap pertandingan anda mempelajari kesalahanmu dan pasti selalu ada kesalahan sehingga tidak mengulanginya lagi atau meminimalkan kemungkinannya," ujar Hernandez kepada AS.

"Merupakan sebuah kehormatan memimpin el clasico dalam setahun. Anda hanya bisa menikmati pengalaman serta berharap tim terbaik yang menang, tetapi yang utama adalah bukan karena kesalahan kami."

Dia juga mengakui bahwa semua wasit tentu saja berusaha profesional tanpa memandang tim mana yang bertanding. Hanya, el clasico terasa sangat spesial karena pasti menjadi sorotan.

"Semua pemain memiliki keinginan bermain dalam pertandingan seperti ini, setiap fans ingin melihat mereka dan semua wasit ingin mengalaminya," ungkap Hernandez.

"Ini menjadi etalase untuk memperlihatkan kemampuan kami sehingga bisa mendapatkan kesempatan internasional. Ini adalah tantangan dan sebuah kehormatan sehingga saya menyadari tanggung jawabnya."

Hernandez juga dimintai komentar soal kepemimpinan wasit Viktor Kassai saat Real Madrid menang 4-2 atas Bayern Muenchen pada leg kedua perempat final Liga Champions, Selasa (18/4).

"Real Madrid menang atas Bayern? Saya menyaksikan pertandingan itu. Saya juga bisa membuat kesalahan. Anda bisa mengalami pertandingan yang lebih baik atau lebih buruk, tetapi pengalaman Kassai dan levelnya tak perlu diragukan. Anda boleh kritis tetapi harus memiliki rasa hormat," ujarnya.

Memang, wasit asal Hungari ini membuat beberapa keputusan kontroversial. Selain kartu merah Arturo Vidal, dia juga mengesahkan dua gol Cristiano Ronaldo yang berbau offside.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com