Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelatih PSM Makassar Bingung soal Pergantian 5 Pemain

Kompas.com - 17/04/2017, 16:33 WIB
Ferril Dennys

Penulis

Sumber ANTARA

KOMPAS.com - Pelatih Kepala PSM Robert Rene Alberts mengaku bingung dengan aturan pergantian lima pemain yang diterapkan PT Liga Indonesia Baru (LIB) saat menghadapi Persela Lamongan pada laga perdana Liga 1 di Stadion Gelora Andi Mattalatta Mattoanging Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (16/4/2017).

Robert Rene Alberts seusai pertandingan mengaku sebenarnya masih ingin melakukan pergantian pemain pada babak kedua namun urung dilakukan karena tidak diperbolehkan oleh pengawas pertandingan dengan alasan bukan pemain dari U-23.

"Saya sepertinya harus mendapatkan terjemahan yang benar terkait aturan pergantian lima pemain," kata pelatih asal Belanda tersebut.

BACA JUGA: Lebih Dekat dengan Shane Smeltz, "Marquee Player" Borneo FC

Pada pertandingan yang berakhir dengan skor 3-1 bagi kemenangan PSM itu, Robert Alberts memang berniat menarik satu pemain U-23 untuk digantikan dengan pemain senior.

Keinginan pelatih asal Belanda itu ditolak pengawas pertandingan dikarenakan Robert dinilai sudah memasukkan tiga pemain senior yakni Rizky Pellu, Faturrahman, dan Ferdinand Sinaga.

Dengan kondisi seperti itu, maka PSM hanya bisa melakukan pergantian pemain lagi namun terbatas pada pemain yang berstatus U-23.

Persoalannya stok yang dimiliki PSM di bangku cadangan hanya menyisakan M Syafei dan Robert justru berencana memasukkan Marc Klok yang merupakan pemain baru asal Belanda.

BACA JUGA: Inspirasi Ayah dan Messi, Anak Medan Ini Ingin Bela Barcelona

Ia menjelaskan, dirinya sempat mendapati situasi yang sulit ketika Ferdinand Sinaga justru diusir ke luar lapangan karena tindakan kerasnya terhadap pemain Persela.

"Jika saja ada pemain yang cedera maka kami hanya bisa bermain sembilan pemain (tidak dapat melakukan pergantian pemain lagi),"ujarnya.

Mengenai hasil yang diraihnya pada pertandingan tersebut, Robert mengaku bangga dan bersyukur. Kemenangan ini juga dikarenakan para pemain telah menjalankan instruksinya selama ini dengan baik dan sesuai yang diharapkan.

"Pemain sudah bermain seperti yang kita inginkan. Kami tentunya berharap dengan hasil positif ini semakin meningkatkan motivasi pemain khususnya saat tampil di laga berikut," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ANTARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com