Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ironis, Calo Tiket Berkeliaran di Depan Graha Persib

Kompas.com - 15/04/2017, 10:54 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Animo tinggi masyarakat Jawa Barat untuk menyaksikan laga pembuka Liga 1 antara Persib Bandung dan Arema FC kembali dimanfaatkan oleh para calo. Ironisnya, pemandangan itu terjadi di depan Graha Persib atau tepat di halaman kantor PT. Persib Bandung Bermartabat di Jalan Sulanjana, Sabtu (15/4/2017) pagi.

Dari pantauan Kompas.com di lokasi, suasana di Graha Persib meriah oleh para bobotoh yang hendak menukarkan tiket dari hasil registrasi online. Namun, di tengah riuhnya suporter, ada sejumlah calo yang terlihat menawarkan sejumlah tiket.

"Timur, timur, timur, " ucap pria berjaket kuning yang menawarkarkan tiket untuk tribune timur.

Saat ditanya, pria bertopi itu menawarkan harga tiket tribune timur seharga Rp. 200.000 atau empat kali lipat dari harga normal atau resmi yang hanya Rp. 50.000.

"Paling mentok Rp. 180.000 lah, saya belinya Rp. 160.000, " kata si calo.

Kompas.com mengamati, ada sedikitnya empat orang calo yang berkeliaran di depan kantor Persib. Hal itu sangat ironis jika mengingat masih banyak suporter yang tak kebagian tiket.

Desakan reformasi tata kelola tiket dari suporter sebetulnya telah dijawab oleh manajemen Persib dengan menggiring pembelian tiket melalui sistem daring. Setengah dari sekitar 36.000 tiket laga Persib vs Arema yang dikeluarkan manajemen dijual secara online melalui situs resmi klub.

Aturan ketat pun diberlakukan. Tiap orang hanya diberi jatah satu tiket. Pengambilan tiket pun tak bisa diwakilkan.

Namun, tetap saja selalu ada celah yang bisa dimanfaatkan para calo untuk mendulang rupiah. Kondisi tersebut dikeluhkan oleh suporter.

"Katanya online, tetapi tetap saja banyak calo. Ini sangat menyakiti hati bobotoh. Banyak dari kami yang tak kebagian tiket. Kalaupun ada, harus mengantre berjam-jam. Ini masalah klasik," ucap Iman (30,) bobotoh asal Cimahi ketus. 

Persib Bandung dan Arema FC bakal disiarkan langsung mulai pukul 19.00 WIB. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com