Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Kualifikasi Piala Dunia, Yunani Tahan Imbang Belgia

Kompas.com - 26/03/2017, 05:58 WIB

KOMPAS.com - Dua tim teratas Grup H Kuallifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa, Belgia dan Yunani, berbagi poin 1-1 di Koning Boudewijnstadion, Sabtu (25/3/2017) atau Minggu dini hari WIB. Laga ini diwarnai dua kartu merah untuk pemain Yunani.  

Belgia butuh lesakan gol telat Romelu Lukaku agar selamat dari kekalahan. Belgia tertinggal lebih dulu melalui gol Yunani yang dicetak oleh Kostas Mitroglou (menit ke-46).

Rode Duivels (Setan Merah) - julukan Belgia - baru menyamakan skor melalui aksi Romelu Lukaku beberapa saat menjelang peluit akhir (89').

Skor 1-1 yang terjadi di Brussels ini menghentikan tren positif Belgia. Sebelumnya, mereka menang telak secara beruntun atas Siprus 3-0, Bosnia-Herzegovina 4-0, Gibraltar 6-0, dan Estonia 8-1. 

Disesaki bintang-bintang top di semua lini, Belgia pada laga ini diunggulkan meraup kemenangan kelima secara beruntun. Statistik membuktikan keunggulan di atas kertas.

Sepanjang laga, pasukan Roberto Martinez melesakkan 17 tembakan dengan tujuh di antaranya tepat sasaran. Mereka juga unggul penguasaan bola dengan tingkat kepemilikan bola 69 persen. 

Hal ini tak lepas dari kartu merah yang diterima dua pemain Yunani, Panagiotis Tachtsidis (65') dan Giorgos Tzavellas (90'). Kedua pemain itu diusir wasit setelah menerima kartu kuning kedua.

Permainan keras dan formasi defensif menjadi resep Yunani menetralkan agresivitas Belgia. Tim Negeri Para Dewa hanya melepaskan dua tembakan dan cuma satu upaya yang menemui target.

Apes bagi Belgia, justru shot on target tunggal Yunani itulah yang membuahkan gol hanya 30 detik setelah start babak kedua.  Mitroglou secara sempurna meneruskan umpan sundulan Panagiotis Tachtsidis yang melaju ke area penalti Setan Merah.

Tekanan demi tekanan yang dilancarkan Belgia baru membuahkan gol melalui aksi Lukaku mendekati akhir laga.

Sambil dikawal bek lawan, striker Everton itu menerima umpan Dries Mertens dengan dada, lalu melepaskan sepakan kaki kiri yang mulus mendorong bola masuk.

Tambahan satu poin di Brussels membuat Belgia tak jadi disalip Yunani di klasemen Grup H.

Belgia masih memimpipn klasemen dengan koleksi 13 poin dari lima laga. Yunani berada di posisi kedua dengan 11 poin, lalu berturut-turut Bosnia-Herzegovina (10), Siprus dan Estonia (4), serta Gibraltar (0). (Beri Bagja) 

Hasil pertandingan Grup H, Sabtu (25/3/2017): 

Belgia 1-1 Yunani (Romelu Lukaku 89'; Kostas Mitroglou 46')

Bosnia-Herzegovina 5-0 Gibraltar (Vedad Ibisevic 4', 43', Avdija Vrsajevic 52', Edin Visca 56', Ermin Bicakcic 90 4')

Siprus 0-0 Estonia

\

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber JUARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com