Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nilai Pasar Essien 2 Kali Lipat Penyerang Utama Persib

Kompas.com - 13/03/2017, 17:56 WIB
Ferril Dennys

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan pemain Chelsea, Michael Essien, dikabarkan bakal bergabung dengan Persib Bandung dalam waktu dekat.

Kabar tersebut menguat karena gelandang asal Ghana tersebut karena sedang berada di Jakarta sejak akhir pekan lalu. Hal ini terlihat dari sejumlah unggahan di Instagram. 

Saat ini, Essien memang sedang menganggur seusai memperkuat salah satu klub Yunani, Panathinaikos, pada musim 2015-2016.

Jika benar bergabung dengan Persib, Essien bakal menjadi pemain dengan nilai jual termahal.

Nilai pasar dia dua kali lebih besar daripada striker Sergio van Dijk. Perbandingan tersebut berdasarkan market value kedua pemain sebagaimana dicatat Transfermarkt.

Nilai pasar Essien saat ini adalah 800.000 euro atau sekitar Rp 11,3 miliar. Nilai gelandang berusia 34 tahun berselisih 450.000 euro dari Van Dijk. 

Nilai pasar pemain naturalisasi asal Belanda tersebut adalah 350.000 euro atau sekitar Rp 4,9 miliar.

Wajar nilai pasar Essien bisa mahal. Hal tersebut tidak terlepas dari pengalamannya di level Eropa. Dia tercatat pernah memperkuat Bastia, Lyon, Chelsea, Real Madrid, AC Milan, dan terakhir Panathinaikos.

Namun Si Bison, julukan Essien, mencapai puncak ketenaran saat berseragam Chelsea pada 2005-2014. Dia sukses meraih trofi Premier League, Piala FA, bahkan Liga Champions bersama Chelsea.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com