Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Guardiola: Saya Tidak Menyukai Penggunaan Ponsel...

Kompas.com - 07/03/2017, 19:32 WIB
Ferril Dennys

Penulis

Sumber GOAL

MANCHESTER, KOMPAS.com - Manchester City merilis video berdurasi 30 menit yang berisikan wawancara dengan manajer Josep "Pep" Guardiola. Salah satunya terkait kebijakan penggunaan telepon seluler (ponsel). 

Pep membicarakan sejumlah topik mulai dari rencananya menyertakan tim U-18 dalan tur pramusim dan rencana Direktor Olahraga Txiki Begiristain di jendela transfer.

Tidak ketinggalan juga Pep mengungkapkan alasan di balik keputusan menonaktifkan WiFi di area latihan klub.

"Ada waktunya saya tidak menyukai penggunaan telepon," ucap Guardiola pada video tersebut. 

"Saya sadar bahwa generasi saya sangat berbeda dengan generasi anak saya, ketika ponsel dan komputer bagian dari hidup. Sebelumnya Anda membaca buku. Kini, Anda membacanya di komputer," kata Guardiola.

Pep menilai seorang pemain tidak boleh menggunakan telepon genggam sepanjang waktu. Salah satu ruangan yang terlarang bagi pemain menggunakan telepon genggam adalah ruang pijat.

"Saya tidak menyukai saat fisioterapi sedang bekerja dan pemain sibuk mengetik di ponselnya," tuturnya.

"Hari cukup panjang. Kami bekerja biasanya empat atau lima jam pada pagi hari. Masih ada 10 atau 12 jam lagi untuk menjawab pesan," ujar Pep menambahkan.

Sejak pertama kali hadir melatih Man City, Guardiola memang menerapkan sejumlah aturan demi membangun kebersamaan di tim. Salah satu caranya adalah meniadakan koneksi internet di tempat latihan klub.

Hal tersebut diungkapkan oleh Pablo Zabaleta. Bek kanan yang sudah delapan tahun membela Manchester City itu merasakan langsung perbedaan metode yang diterapkan oleh Guardiola.

"Dia (Guardiola) mengimbau kami agar sarapan dan makan siang bersama di klub. Internet pun sampai diputus. Bahkan, kami tidak bisa menggunakan koneksi 3G," tutur Zabaleta kepada TyC Sports, Selasa (4/10/2016).

Menurut Zabaleta, Guardiola adalah sosok pelatih yang sangat mengutamakan terjalinnya relasi positif di dalam skuad asuhannya.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GOAL


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com