Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Emmanuel Adebayor Resmi Bergabung ke Klub Turki

Kompas.com - 31/01/2017, 20:33 WIB
Nugyasa Laksamana

Penulis

ISTANBUL, KOMPAS.com - Mantan striker Arsenal dan Manchester City, Emmanuel Adebayor, akhirnya resmi bergabung ke klub asal Turki, Istanbul Basaksehir.

Adebayor, yang memperkuat tim nasional Togo di Piala Afrika 2017, menyepakati kontrak 1,5 tahun di Basaksehir. Dia akan mengenakan nomor punggung 26.

Pemain 32 tahun itu telah menjalani pemeriksaan medis di Rumah Sakit Medipol pada Selasa (31/1/2017) pagi waktu setempat.

"Saya ditawari proyek yang sangat menarik, dan saya pun ingin menjadi bagian dari tim ini," ujar Adebayor seperti dilansir situs resmi Basaksehir.


Sebelum bergabung ke Basaksehir, Adebayor sempat berstatus tanpa klub setelah kontraknya bersama Crystal Palace berakhir pada 30 Juni 2016.

Ia pun dikabarkan melakukan pembicaraan serius dengan Olympique Lyon pada awal Januari ini. Namun, mereka tak menemukan kesepakatan.

Basaksehir merupakan klub Turkish Super Lig yang sedang menduduki urutan kedua pada klasemen sementara.

Mereka telah mengoleksi 42 poin, atau hanya terpaut dua angka dari Besiktas yang kini menempati singgasana puncak klasemen.

Basaksehir adalah klub kedelapan dalam karier profesional Adebayor. Sebelumnya ia membela Metz, Monaco, Arsenal, Manchester City, Real Madrid, Tottenham Hotspur, dan Crystal Palace.

Ia pernah membawa Monaco menjadi runner-up pada ajang Liga Champions 2003-2004, serta mempersembahkan Copa del Rey untuk Real Madrid.

Namun secara statistik, Adebayor paling sukses saat di Arsenal. Di sana, dia sanggup menorehkan 62 gol dan 22 assist dari 142 laga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com