Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kartu Merah Xhaka Warnai Kemenangan Dramatis Arsenal

Kompas.com - 22/01/2017, 23:16 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Arsenal menang dramatis 2-1 atas Burnley pada pertandingan pekan ke-22 Premier League di Stadion Emirates, Minggu (22/1/2017). Dikatakan dramatis karena dua gol tercipta pada masa injury time.  

Dua gol Arsenal dicetak oleh Shkodran Mustafi pada menit ke-58 dan penalti Alexis Sanchez (90'+8). Gol balasan tim tamu tercipta lewat penalti Andre Gray (90'+3).  

Pada pertandingan melawan Burnley, Arsenal tampil begitu mendominasi dengan 70 persen penguasaan bola. Selain itu, mereka juga punya jumlah peluang dua kali lipat dari tamunya, 24 berbanding 13. 

Akan tetapi, gol Arsenal justru tercipta lewat situasi bola mati pada menit ke-58. Mustafi mencetak gol pertamanya bagi The Gunners lewat sundulan memanfaatkan umpan sepak pojok Mesu Oezil.

Tujuh menit berselang, Arsenal harus bermain dengan 10 pemain. Xhaka menerima kartu merah langsung lantaran melanggar Steven Defour dengan tekel dua kaki.

Hukuman ini juga kian menebalkan cap Xhaka sebagai pemain yang identik dengan kartu merah. Dalam tiga musim terakhir, sudah sembilan kali dia diusir wasit.

Menghadapi 10 pemain, Burnley mendapatkan kesempatan untuk mengatasi ketertinggalan. Namun, peluang itu baru didapat pada pengujung laga.  

Burnley mendapat penalti setelah Ashley Barnes dilanggar Francis Coquelin. Gray tak menyia-nyiakan kesempatan untuk membuat skor sama kuat. 

Manajer Arsenal, Arsene Wenger, diusir wasit beberapa saat setelah gol penyama kedudukan Gray. Wasit keempat meminta dia langsung masuk ke lorong ganti pemain. 

Pada menit ketujuh injury time, Arsenal mendapat penalti setelah sepatu Ben Mee mengenai wajah Laurent Koscielny yang mencoba menyundul bola hasil tendangan bebas rekannya. 

Para pemain Burnley protes karena melihat Koscielny terlebih dahulu dalam posisi offside. Namun, Moss tetap pada putusannya memberi penalti.

Alexis Sanchez pun sukses menunaikan tugasnya dan Arsenal menang 2-1. Kemenangan ini mengerek Arsenal ke peringkat kedua klasemen sementara.

Dengan koleksi 47 poin dari 22 laga, Arsenal unggul satu angka atas Tottenham Hotspur.  

Arsenal 2-1 (Shkodran Mustafi 59', Alexis Sanchez 90+7'; Andre Grey 90+3')

Arsenal: 33-Petr Cech, 18-Nacho Monreal, 6-Laurent Koscielny, 20-Shkodran Mustafi, 5-Gabriel Paulista, 11-Mesut Oezil, 8-Aaron Ramsey, 29-Granit Xhaka, 7-Alexis Sanchez (Hector Bellerin 89'), 12-Olivier Giroud (Danny Welbeck 87'), 17-Alex Iwobi (Francis Coquelin 69')

Pelatih: Arsene Wenger

Burnley: 1-Tim Heaton, 23-Stephen Ward, 2-Matthew Lowton, 6-Ben Mee, 5-Michael Keane, 16-Steven Defour (Sam Vokes 77'), 8-Dean Marney (James Tarkowski 76'), 21-George Boyd, 13-Jeffrey Hendrick (Joey Barton 73'), 10-Ashley Barnes, 7-Andre Gray

Pelatih: Sean Dyche

Wasit: Jonathan Moss

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com