Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catatan Sepak Bola Nasional 2016

Kompas.com - 20/12/2016, 18:14 WIB
Anju Christian

Penulis

KOMPAS.com — Sepanjang 2016, sepak bola nasional diwarnai berbagai momen penting, mulai dari kompetisi substitusi, pencabutan sanksi, sampai kelahiran kembali tim nasional (timnas).

Dengan menembus final Piala AFF secara di luar dugaan, timnas menorehkan cerita manis untuk menutup perjalanan sepak bola nasional tahun ini.

Berikut ini adalah enam momen penting sepak bola nasional pada 2016:

TSC dan PT GTS

Dok. PT GTS Para pemain Persipura Jayapura bergembira merayakan keberhasilan menjadi juara TSC 2016 di Stadion Mandala, Minggu (18/12/2016).

Torabika Soccer Championship (TSC) menjadi satu-satunya kompetisi sepak bola nasional yang bergulir pada 2016. Kompetisi ini menjadi pengganti sementara untuk Indonesia Super League (ISL).

Berbeda dengan turnamen-turnamen sebelumnya sejak terjadi pembekuan terhadap PSSI, TSC menggunakan format kompetisi penuh. Pertandingan pembukaan TSC dilangsungkan di Jayapura antara tuan rumah Persipura dan Persija Jakarta, Jumat (29/4/2016). 

TSC berada di bawah naungan PT Gelora Trisula Semesta (GTS) sebagai operator. Dalam hal ini, PT GTS menggantikan peran PT Liga Indonesia.

Dari April hingga Desember, TSC bergulir. Gelar juara akhirnya direbut Persipura Jayapura dengan keunggulan empat angka atas Arema Cronus.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com