Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Zico: Thailand Bisa Kalahkan Indonesia, tetapi...

Kompas.com - 13/12/2016, 09:26 WIB

BOGOR, KOMPAS.com - Pelatih tim nasional Thailand, Kiatisuk Senamuang, memilih merendah menjelang laga pertama final Piala AFF 2016 kontra timnas Indonesia di Stadion Pakansari, Cibinong, Rabu (14/12/2016).

Zico, sapaan karib Kiatisuk Senamuang, menegaskan timnas Indonesia akan berbeda dengan yang dihadapi timnya pada fase grup. Kala itu, Teerasil Dangda dkk menang dengan skor 4-2.

"Kini Indonesia akan bermain di kandang sendiri. Selalu tidak mudah bagi kami untuk menghadapi tim tuan rumah," ucap Zico kepada wartawan seusai memimpin latihan timnas Thailand di Sekolah Pelita Harapan (SPH), Sentul, Kabupaten Bogor, Senin (12/12/2016).

Pengamatan Zico benar adanya. Teranyar, Indonesia sukses mengalahkan Vietnam pada laga pertama semifinal Piala AFF via skor 2-1 di stadion yang sama.

Sebelumnya, dalam dua laga uji coba,  timnas pun tidak terkalahkan dalam pertandingan yang dilangsungkan di Indonesia.

Pertama, saat Indonesia menang dengan skor 3-0 kontra Malaysia, September 2016 di Stadion Manahan, Solo dan kedua, saat bermain imbang 2-2 versus Vietnam di Stadion Maguwoharjo, Yogyakarta, Oktober 2016.

"Meski begitu, saya sebagai pelatih merasa yakin Thailand bisa mengalahkan Indonesia. Akan tetapi, sebuah tim tentu tidak melulu menang," kata pelatih berusia 43 tahun itu.

Thailand sudah empat kali menjuarai Piala AFF, terbanyak bersama Singapura.

Bagi Indonesia, partai final pada Piala AFF edisi kali ini merupakan pencapaian kali kelima. Namun, dalam empat laga puncak yang sudah dilalui, skuat Garuda selalu kalah. (Segaf Abdullah) 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber JUARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com