Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanpa Boaz, Performa Persipura Tetap Luar Biasa

Kompas.com - 12/12/2016, 06:32 WIB
Hamzah Arfah

Penulis

GRESIK, KOMPAS.com – Persipura Jayapura sudah punya suksesor Boaz Solossa. Setidaknya, hal itu bisa dilihat dari performa tim ketika sang kapten absen. 

Dalam menyelesaikan sisa pertandingan di pentas TSC 2016, Persipura harus kehilangan Boaz. Dia dipanggil memperkuat tim nasional Indonesia di Piala AFF 2016.

Namun, banyak pihak menilai, ‘hilangnya’ Boaz yang didapuk menjadi kapten timnas di Piala AFF kali ini, justru membuat permainan dan performa Persipura makin mengilat.

Tengok saja, selepas dikalahkan Persib Bandung pada pekan ke-28, Sabtu (12/11/2016) lalu, performa tim Mutiara Hitam justru terlihat semakin membaik.

Persipura berhasil membekap tuan rumah Persiba Balikpapan 4-1 pada pekan ke-29. Lalu, menyikat pesaingnya dalam perburuan juara Madura United 2-0 di pekan selanjutnya.

Tren positif Persipura berlanjut ketika mengempaskan Bhayangkara FC 2-1 pada pekan ke-31, membekuk tuan rumah Mitra Kukar 2-1, dan terbaru mengalahkan Persegres Gresik United 3-0, Minggu (11/12/2016) sore WIB.

“Tak ada Boaz, Persipura malah mampu meraih kemenangan demi kemenangan. Itu karena kualitas pemain inti dan cadangan Persipura merata,” ucap pelatih Persegres Eduard Tjong, Minggu (11/12/2016).

“Selain itu, kerangka tim Persipura juga sudah terbentuk sejak dua tahun lalu. Hanya satu atau dua pemain yang keluar-masuk. Itu membuat mereka bisa kompak seperti saat ini, meski Boaz tak lagi ada dalam tim untuk sementara,” kata dia.

Pelatih Persipura Angel Alfredo Vera juga enggan menepis anggapan tersebut. Beberapa opsi pemain pengganti yang diturunkannya dalam mendampingi Edward Wilson di depan juga mampu menjawab kebutuhan.

“Saya senang para pemain bisa mengemban tugasnya dengan baik dalam menggantikan peran Boaz untuk berduet dengan Edward Wilson di depan. Termasuk, Osvaldo Haay yang sudah berhasil cetak empat gol sejauh ini,” ujar Alfredo.

Pemain berusia 18 tahun ini turut membantu kemenangan Persipura atas tuan rumah Persegres dengan mencetak gol kedua pada menit ke-63.

Gol Persipura lain dalam laga tersebut, masing-masing disumbang oleh Immanuel Wanggai saat pertandingan baru berjalan empat menit dan Edward Wilson di menit ke-70.

“Dia (Osvaldo) memang masih muda, dan masih terus bisa berkembang di kemudian hari. Dengan bakat yang dia dimiliki, saya yakin Osvaldo akan jadi pemain bintang seperti Boaz di waktu yang akan datang,” tutur Alfredo.

Osvaldo sendiri menilai terlalu dini jika dirinya disebut sebagai calon pemain bintang masa depan. Dengan merendah, pemilik nama lengkap Osvaldo Ardiles Haay ini mengatakan, dirinya masih butuh banyak bimbingan dan pengalaman bermain.

“Sekarang yang ada dalam benak saya adalah bagaimana membawa Persipura menjadi juara dalam turnamen ini. Soal pendapat orang demikian, saya tetap menghargainya. Saya akan berjuang keras untuk membawa Persipura juara,” kata Osvaldo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com