Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gelar Juara untuk Korban Kecelakaan Pesawat

Kompas.com - 30/11/2016, 06:06 WIB

MEDELLIN, KOMPAS.com - Salah satu finalis Copa Sudamericana, Atletico Nacional, meminta Federasi Sepak Bola Amerika Selatan (Conmebol) memberikan gelar juara kepada Chapecoense yang mengalami musibah pesawat jatuh dan membuat sebagian besar pemainnya meninggal dunia.  

Chapecoense mengalami kecelakaan pesawat dalam penerbangan ke Bandara Internasional Medellin untuk persiapan melakoni pertandingan final pertama pada Rabu (30/11/2016).

Peristiwa ini membuat Atletico Nacional ikut bersimpati dan dikabarkan ikhlas memberi titel Copa Sudamericana untuk Chapecoense.

"Kami ingin mempublikasikan bahwa Atletico Nacional mengajak Conmebol untuk memberikan gelar Copa Sudamericana kepada Chapecoense sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan kepada korban kecelakaan yang membuat olahraga kami berduka. Chapecoense juara Copa Sudamericana 2016," tulis pernyataan resmi Atletico Nacional di situs resmi klub.

Suram, dari stasiun radio Brasil yang berbasis di Porto Alegre, Grenal Radio FM, juga mengatakan, "Informasi saat ini adalah Atletico Nacional akan mengirim permintaan kepada Conmebol bahwa mereka menyatakan Chapecoense sebagai pemenang yang sah dari turnamen.

"Langkah ini mirip dengan apa yang terjadi pada 1949, ketika para pemain Torino tewas akibat kecelakaan pesawat yang menabrak Basilica Superga di Italia dan menewaskan total 31 penumpang.

"Masih pada hari yang sama, tim lain di Liga Italia setuju untuk memberikan Scudetto kepada Torino sebagai bentuk penghargaan.

"Para direktur dan pemain dari Atletico Nacional juga telah membulatkan suara terhadap apa yang mereka inginkan. Chapecoense akan dinobatkan sebagai juara, jika tidak besok malam, maka dipastikan dalam beberapa hari ke depan."

Pernyataan Suram ikut didukung oleh jurnalis olahraga Brasil, Thiago Suman, yang menuturkan, "Chapecoense akan dimahkotai juara Copa Sudamericana." (Septian Tambunan) 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber JUARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com