Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum ke Juventus, Buffon Nyaris Berseragam Lazio

Kompas.com - 21/10/2016, 08:28 WIB
Nugyasa Laksamana

Penulis

TURIN, KOMPAS.com - Sejak 2001 hingga kini, Gianluigi Buffon sukses menjaga statusnya sebagai kiper utama Juventus. Namun, ternyata Buffon nyaris berseragam Lazio sebelum bergabung ke Juventus.

Saat merekrut Buffon dari Parma, Juventus perlu mengeluarkan biaya mencapai 53 juta euro (Rp 754 miliar). Angka itu menjadikan Buffon sebagai kiper termahal dunia.

Namun, sebelum resmi menjadi bagian dari Juventus, Buffon rupanya sempat diminati oleh FC Barcelona, AS Roma, dan Lazio.

Menurut sang agen, Silvano Martina, Lazio menjadi klub yang paling serius membidik Buffon. Ketertarikan Lazio disampaikan langsung oleh pelatihnya kala itu, Dino Zoff.

Zoff, yang notabene adalah kiper tim nasional Italia yang menjuarai Piala Dunia 1982, mengaku kagum dengan bakat Buffon.

"Zoff pernah ingin membawa Buffon ketika masih di Parma," ujar Martina kepada Radio Incontro Olympia, Kamis (20/10/2016).

"Dia (Zoff) mengatakan belum pernah melihat kiper yang kuat, bahkan melebihi dirinya. Roma dan Barcelona juga mendekati Buffon sebelum dia ke Juventus," tutur Martina.

Meski begitu, pilihan Buffon ke Juventus tak keliru. Di Turin, Buffon sukses merengkuh prestasi manis di ajang domestik, yakni meraih tujuh scudetto, dua Coppa Italia, dan lima Supercoppa Italiana.

Sejauh ini, Buffon telah menorehkan 590 penampilan bersama Juventus. Dari seluruhnya, Buffon sanggup menjalani 274 laga tanpa kebobolan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com