Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

FA Putus Kontrak Allardyce sebagai Pelatih Timnas Inggris

Kompas.com - 28/09/2016, 02:22 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Kontrak Sam Allardyce sebagai pelatih tim nasional Inggris berakhir, Selasa (27/9/2016) malam atau Rabu dini hari WIB.

"FA mengonfirmasi bahwa Sam Allardyce telah meninggalkan jabatannya sebagai pelatih tim nasional Inggris," demikian bunyi pernyataan resmi Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA).

"Tindakan Allardyce seperti diberitakan pada hari ini tidaklah pantas untuk seorang pelatih timnas Inggris. Dia pun sudah mengakui telah berbuat kesalahan dan meminta maaf."

"Kendati demikian, FA tetap mengambil putusan memutus kontrak dia. Gareth Southgate akan mengambil alih tugas pelatih timnas Inggris untuk empat pertandingan berikutnya melawan Malta, Slovenia, Skotlandia, dan Spanyol sampai adanya pelatih baru."

Putusan FA ini tak lepas dari hasil investigasi dan pemberitaan The Telegraph. Media Inggris itu membongkar skandal Allardyce dan menayangkan berita dan video hasil investigasi terhadap pelatih berjulukan Big Sam itu.

Allardyce dianggap memanfaatkan posisi dia untuk melakukan negosiasi sebesar 400 ribu poundsterling demi membeberkan cara mengakali aturan FA terkait kepemilikan pemain.

Mantan manajer Sunderland itu mengaku mengetahui celah untuk mengelabui aturan FA yang melarang pihak ketiga untuk menguasai pemain. Padahal, kepemilikan pihak ketiga terhadap pemain sudah dilarang oleh FA pada 2008.

Dengan putusan FA itu, Allardyce hanya bertahan dua bulan sebagai pelatih timnas Inggris. Dia ditunjuk sebagai pelatih pada 22 Juli lalu dan hanya sekali memimpin Inggris dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2018 kontra Slovakia, Minggu (4/9/2016).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com