Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belajar dari Shearer, Rooney!

Kompas.com - 29/08/2016, 18:11 WIB
Anju Christian

Penulis

Sumber The Sun

KOMPAS.com - Eks striker tim nasional Inggris, Alan Shearer, meminta Wayne Rooney agar berkaca dari dirinya terkait keputusan pensiun.

Enam belas tahun lalu atau tepatnya seusai Piala Eropa 2000, Shearer memutuskan mundur dari tim nasional Inggris. Keputusan itu tergolong mengejutkan karena dia baru berusia 29 tahun dan masih produktif.

Hanya, Shearer mengklaim keputusan itu diambil untuk menjaga kelangsungan kariernya.

"Ada tiga cedera serius dialami saya saat itu. Jadi, saya memangkas periode di Inggris demi memberikan yang terbaik untuk Newcastle. Saya pun bermain hingga usia 36," tutur Shearer.

Rooney pun diminta menempuh jalur serupa Shearer. Terlebih lagi, fisik dia tergolong rentan dengan catatan empat kali cedera pada 2015-2016.

Tidak cuma fisik, Rooney diyakini juga bakal terkuras dari sisi mental. Sebab, pemain berusia 30 tahun itu memikul tanggung jawab sebagai kapten di Inggris dan Manchester United.

"Ada tekanan ekstra ketika Anda merupakan sosok terkenal di Old Trafford. Saatnya dia mengakui tidak mampu lagi melakukan keduanya sekaligus," ucap Shearer.

"Artinya, dengan menyesal saya mengatakan, dia harus pensiun. Semua demi kebaikan dia," tutur Shearer.

Apabila mengabaikan pesan Shearer, Rooney bisa memecahkan satu rekor lagi, yaitu catatan penampilan terbanyak. Dia sudah menjalani 115 laga atau terpaut 10 dari Peter Shilton.

Adapun untuk jumlah gol, Rooney sudah bertengger di urutan teratas dengan koleksi 53 buah. Dia unggul 4 gol atas Bobby Charlton.

Kompas TV Selain Leroy Sane, Siapa Lagi Pesepakbola Jerman Termahal?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Sun


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com