Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dilarang Sebut Totti Ikon AS Roma

Kompas.com - 18/08/2016, 05:31 WIB
Anju Christian

Penulis

ROMA, KOMPAS.com - Francesco Totti merefleksikan karier panjangnya bersama AS Roma menjelang ulang tahun ke-40. Dia bakal menginjak usia kepala empat pada 27 September 1976.

Berbagai rekor ditorehkan Totti bersama tim berjulukan I Giallorossi. Dia tercatat sebagai pencetak gol dan pengumpul penampilan terbanyak sepanjang sejarah Roma.

Akan tetapi, pemilik kostum bernomor 10 itu menampik predikat ikon AS Roma.

"Saya tidak ingin memanggil diri sendiri dengan sebutan ikon. Saya hanya warga Roma yang jatuh cinta dengan kota ini," tutur Totti.

Oleh karenanya, Totti enggan berganti seragam meskipun sejumlah klub raksasa Eropa coba meminangnya. Salah satunya adalah Real Madrid.

Sebagai konsekuensi, karier Totti tergolong stagnan menilik jumlah gelar. Dia cuma merengkuh empat trofi dengan Roma, hanya satu di antaranya berupa Scudetto.

"Apabila memutuskan pergi, saya mungkin meraih lebih banyak medali dan lebih sering terlibat dalam semifinal serta final Liga Champions," ucap dia.

Meski begitu, Totti tetap merasa bangga dengan kiprahnya bersama Roma. Totti pun menunjuk Daniele De Rossi sebagai pemain yang memiliki kesetiaan dan sikap serupa dirinya.

Kompas TV Gonzalo Higuain, Pemain Baru Juventus

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com