Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satu Pekan, Man United Raup Rp 1,31 Triliun dari Penjualan Kostum Ibra

Kompas.com - 01/08/2016, 07:16 WIB
Anju Christian

Penulis

KOMPAS.com - Begitu besar efek yang diberikan Zlatan Ibrahimovic terhadap Manchester United, terutama dalam hal finansial.

Diwartakan The Sun, tim beralias Setan Merah meraup 76 juta poundsterling (sekitar Rp 1,31 triliun) dari penjualan kostum Ibrahimovic dalam satu pekan pertama.

Nilai tersebut tentu menunjukkan keuntungan besar mengingat Man United tidak perlu mengeluarkan sepeser pun untuk merekrut Ibrahimovic. Kontrak dia bersama Paris Saint-Germain berakhir pada 30 Juni 2016.

Hasil penjualan seragam Man United juga hampir menutupi biaya transfer Gonzalo Higuain. Juventus mengaktifkan klausul pelepasan senilai 94 juta euro atau setara dengan 79 juta poundsterling.

Atau, kalau ditambah satu pekan lagi, Man United sudah bisa melunasi biaya kepindahan Paul Pogba dari Juventus. Menurut media-media Inggris, nama terakhir dihargai 100 juta poundsterling.

Kehadiran Ibrahimovic, apalagi kalau dilengkapi dengan Pogba, tentu bakal mendongkrak penjualan seragam Man United dalam semusim.

Perlu diketahui, harga sebuah kostum replika Ibrahimovic di toko resmi klub adalah 108 dollar Amerika Serikat atau setara 81,6 poundsterling. Artinya, sudah lebih dari 930 ribu potong kostum terjual dalam satu pekan.

Jumlah itu sudah lebih dari seperempat dari penjualan kostum Man United pada 2015-2016. Menurut talkSPORT, total 2,977 juta helai kostum Man United terjual musim lalu.

Berbekal angka itu, Man United menempati peringkat keempat di dunia. Di atas Man United, ada Chelsea (3,102 juta), Bayern Muenchen (3,312 juta), dan Barcelona (3,637 juta).

Kompas TV Pogba Akan Jadi Transfer Pemain Termahal?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com