Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Perasaan Adelmund Bercampur Aduk

Kompas.com - 25/07/2016, 06:40 WIB
Hamzah Arfah

Penulis

LAMONGAN, KOMPAS.com – Tidak bisa dimungkiri, salah satu aktor kemenangan Persela Lamongan saat menundukkan Pusamania Borneo FC (PBFC) 1-0 di Stadion Surajaya, Lamongan, Minggu (24/7/2016) adalah Kristian Adelmund.

Bek asal Belanda ini memang bukanlah sosok pencetak gol dalam laga pekan ke-12 TSC 2016 tersebut. Pencetak gol tunggal dalam laga ini adalah Dendi Sulistyawan, memanfaatkan assist Herman Dzumafo Epandi di menit ke-47.

Namun, harus diakui, keberadaan Adelmund di barisan pertahanan Persela bersama Taufiq Kasrun, M Zainal Haq, dan Zulvin Zamrun, cukup membuat stres para striker PBFC yang dihuni duet Pedro Javier dan Lerby Eliandry.

“Saya senang bisa kembali bawa Persela memenangi pertandingan. Apalagi, kemenangan ini kami dapatkan di kandang sendiri, di depan ribuan LA Mania (sebutan bagi suporter Persela),” ucap Adelmund, Minggu (24/7/2016).

Hanya, bek berusia 29 tahun ini harus mengakhiri kerja samanya bersama Persela lebih cepat. Dia memutuskan untuk balik ke kampung halaman guna mendampingi sang ayah yang tengah terserang kanker.

Ia pun sudah mengambil sikap. Dia bakal menjalani laga terakhirnya bersama skuad Persela dalam lanjutan TSC 2016, kala bertandang ke markas Persib Bandung pada Jumat (29/7/2016). Setelah pertandingan, Adelmund akan berkemas menuju Belanda.

“Saya pastikan laga menghadapi Persib, akan menjadi pertandingan terakhir saya bersama Persela. Sebab, saya harus balik ke Belanda untuk mendampingi ayah yang sedang sakit,” tuturnya dengan wajah berkaca-kaca.

“Sebenarnya saya cukup berat meninggalkan Persela, tetapi mau bagaimana lagi, saya harus buat keputusan. Awal Agustus nanti, ayah sudah harus mulai menjalani treatment,” tuturnya.

Kondisi ini membuat Adelmund sempat dilema. Di satu sisi, ia masih merasa nyaman bermain di sepak bola Indonesia. Ketika dikonfirmasi mengenai kemungkinan bakal kembali ke Indonesia suatu saat, ia enggan memberikan gambaran secara detail.

“Lihat saja nanti. Kini saya hanya ingin menuntaskan pertandingan lawan Persib dan segera pulang ke Belanda. Saya belum tahu apakah saya nanti akan kembali main di Indonesia. Sebab, kini saya hanya ingin fokus merawat ayah yang sedang sakit,” ucapnya lagi.

Persela merupakan klub di Indonesia keempat yang menjadi pelabuhan karir Adelmund. Sejak merintis karier di sepak bola Indonesia pada 2012, Adelmund tercatat pernah memperkuat PSIM Yogyakarta, Persepam Madura United, dan PSS Sleman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com