Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Totti: Saya Lahir dan Akan Mati di Roma

Kompas.com - 18/07/2016, 15:48 WIB
Eris Eka Jaya

Penulis

Sumber JUARA

KOMPAS.com — Kapten AS Roma, Francesco Totti, merupakan simbol dari klub ibu kota Italia itu. Dia pun sudah mengutarakan niatnya "untuk mati" di kota kelahirannya tersebut.

Totti memulai debutnya di Roma saat masih berusia 16 tahun. Dia dipercaya pelatih Vujadin Boskov untuk berlaga melawan Brescia pada 28 Maret 1993.

Pesepak bola kelahiran 27 September 1976 ini berhasil mencetak gol pertamanya untuk Roma pada 4 September 1994 saat menjebol gawang Foggia.

Sekarang, Totti sudah tampil 758 kali dalam balutan seragam I Giallorossi. Bersama satu-satunya klub yang pernah dia bela itu, sang kapten sudah mengukir 304 gol.

Dalam sebuah kutipan yang dilansir AS, Minggu (17/7/2016), Pemain Muda Terbaik Serie A 1999 ini mengisahkan Roma dengan sebuah kalimat.

"Saya lahir di Roma dan saya akan mati di Roma," kata Totti.

Totti, yang menyandang status kapten termuda sepanjang sejarah Serie A dalam usia 22 tahun 34 hari ini, mengaku peluang timnya untuk kembali meraih scudetto sulit.

"Scudetto sesuatu yang rumit. Saya tidak mengatakan itu mustahil. Hanya saja, ada tim yang lebih baik di sekitar kami sehingga Anda harus realistis," ujar Totti.

Sepanjang kariernya, man of the match final Piala Eropa 2000 ini hanya meraih scudetto pada 2001. Sisanya, dia membawa Roma delapan kali menjadi runner-up. (Septian Tambunan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber JUARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com