Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perempuan Boleh Latih Timnas Inggris

Kompas.com - 29/06/2016, 11:58 WIB
Anju Christian

Penulis

KOMPAS.com - Ketua Eksekutif Federasi Sepak Bola Inggris (FA) Martin Glenn menjelaskan kriteria untuk pelatih tim nasional. Dia mengatakan perempuan juga bisa menangani Wayne Rooney cs.

Jabatan tersebut lowong setelah Roy Hodgson mengundurkan diri. Mereka secara mengejutkan kalah dari Islandia di Stadion Allianz Riviera, Senin (27/6/2016).

Diakui Glenn, pencarian sosok suksesor tidaklah mudah. Oleh karenanya, FA kemungkinan akan menunjuk sosok suksesor yang mengerucut kepada Gareth Southgate, lalu memilih pelatih tetap.

Untuk posisi permanen, Glenn memberikan batasan jenis kelamin.

"Orang itu bisa pria atau perempuan terbaik. Lebih mungkin pria, sosok terbaik untuk pekerjaan ini. Saya tidak menutup opsi apa pun," tutur Glenn.

"Idealnya, dia memiliki pengalaman dalam sepak bola Inggris hingga level yang cukup penting. Itulah yang kami cari," kata dia.

Apabila FA menunjuk perempuan, tim nasional Inggris bakal mencatat sejarah baru. Belum ada sebelumnya perempuan pelatih menangani tim nasional pria Inggris.

Salah satu perempuan pelatih ternama di Inggris adalah Hope Powell, yang menangani tim nasional perempuan Inggris dan Britania Raya hingga 2013.

Juara Danurwindo - Pertimbangan Pelatih Ganti Taktik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com