Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Juventus Rengkuh Gelar Coppa Italia 2015-2016

Kompas.com - 22/05/2016, 04:20 WIB
Nugyasa Laksamana

Penulis

ROMA, KOMPAS.com - Juventus berhasil mempertahankan gelar Coppa Italia setelah menang 1-0 atas AC Milan pada laga final di Stadion Olimpico, Roma, Sabtu (21/5/2016) waktu setempat.

Kemenangan Juventus ditentukan lewat gol Alvaro Morata pada masa babak tambahan. Dengan demikian, Juventus telah juara Coppa Italia sebanyak 11 kali, atau yang terbanyak sepanjang sejarah.


Saat babak pertama, AC Milan bisa dikatakan mendominasi jalannya pertandingan. Statistik mencatat adanya kesenjangan jumlah tembakan yang dilepaskan AC Milan dan Juventus.

Menurut Opta, pada babak pertama, AC Milan melepaskan 10 tendangan, meskipun cuma satu yang tepat sasaran. Sementara itu, Juventus hanya menciptakan satu tembakan.

Tak hanya itu saja. Lega Serie A mencatat penguasaan bola AC Milan lebih baik ketimbang Juventus, yakni mencapai 55 persen pada sepanjang pertandingan.

Kendati demikian, berbagai upaya yang dilancarkan oleh tim asuhan Cristian Brocchi belum membuahkan hasil. Kedudukan tanpa gol pun bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Juventus mulai mencoba untuk keluar dari bayang-bayang Rossoneri. Beberapa kali Juventus sanggup mengancam gawang Gianluigi Donnarumma.

Melalui Paulo Dybala, Juventus nyaris unggul pada menit ke-49. Akan tetapi, peluang emas penyerang asal Argentina itu masih bisa dimentahkan.

Pada menit ke-69, Juventus lagi-lagi menebar ancaman yang kali ini dilakukan oleh Paul Pogba. Ia melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti.

Akan tetapi, percobaan mantan pemain Manchester United itu masih bisa ditepis Donnarumma, sebelum membentur tiang gawang dan keluar lapangan.

Hingga pengujung babak kedua, belum ada gol yang tercipta. Perpanjangan waktu pun terpaksa harus dilakukan untuk menentukan pemenang.

Untuk menambah daya gedor, pelatih Juventus Massimiliano Allegri mengganti Hernanes dengan Morata. Strategi itu ternyata berujung manis untuk Juventus.

Pada menit ke-110, Morata akhirnya sukses memecahkan kebuntuan lewat sepakan first time, setelah menerima umpan silang Juan Cuadrado dari sisi kanan. Juventus unggul 1-0.


Usai gol Morata, keadaan tak berubah. Juventus pun meraih gelar Coppa Italia yang ke-11, atau kali kedua secara beruntun.

AC Milan 1-0 Juventus (Alvaro Morata 110')

AC Milan: 99-Gianluigi Donnarumma; 2-Mattia De Sciglio, 17-Cristian Zapata, 96-Davide Calabria; 13-Alessio Romagnoli, 16-Andrea Poli (19-M'Baye Niang 85'), 27-Juraj Kucka (45-Mario Balotelli 112'), 18-Riccardo Montolivo (4-Jose Mauri 109'), 28-Giacomo Bonaventura; 70-Carlos Bacca, 10-Keisuke Honda
Pelatih: Cristian Brocchi

Juventus: 25-Neto; 3-Giorgio Chiellini, 15-Andrea Barzagli, 24-Daniele Rugani, 18-Mario Lemina; 11-Hernanes (9-Alvaro Morata 108'), 10-Paul Pogba, 33-Patrice Evra (12-Alex Sandro 62'), 26-Stephan Lichtsteiner (16-Juan Cuadrado 75'); 17-Mario Mandzukic, 21-Paulo Dybala
Pelatih: Massimiliano Allegri

Wasit: Gianluca Rocchi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com