Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lionel Messi Lebih Mahal daripada Cristiano Ronaldo

Kompas.com - 19/04/2016, 06:24 WIB
Nugyasa Laksamana

Penulis

Sumber JUARA

BARCELONA, KOMPAS.com - Sebuah riset dari Politeknik Universitas Valencia (UPV) menyebutkan bintang FC Barcelona, Lionel Messi memiliki nilai lebih tinggi dibanding sang kompetitor dari Real Madrid, Cristiano Ronaldo.

Lionel Messi memiliki nilai 141 juta euro (Rp 2,1 triliun), sedangkan Cristiano Ronaldo bernilai 101 juta euro (Rp Rp 1, 5 triliun).

Angka-angka tersebut diperoleh dari analisis metode Proses Hierarki Analisis dengan beberapa macam kriteria oleh UPV.

Kriteria yang digunakan untuk membandingkan kedua pemain tersebut adalah jumlah gol dan assist per laga, kartu kuning dan kartu merah, kepemimpinan, serta nilai pasaran.


Nilai Messi dan Ronaldo akan dianalisis di mata kuliah Mooc di UPV pada 25 April 2016.


Studi terhadap Messi dan Ronaldo ini dilakukan UPV bekerja sama dengan dua universitas ternama Amerika Serikat, yaitu Massachusetts Institute of Technology serta Harvard University.

Messi dan Ronaldo juga dibandingkan dengan beberapa teman setim mereka, seperti Gareth Bale, James Rodriguez, Luis Suarez, dan Neymar Jr, dengan melihat penampilan pada semua ajang kompetisi musim 2014-2015.

Metode analisis dalam penelitian tersebut digagas Profesor Saaty dari University of Pittsburgh, dan kerap digunakan dalam dunia bisnis dan organisasi selama 14 tahun terakhir. (Lariza Oky Adisty)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber JUARA


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com