Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cetak Gol saat "El Clasico", Ronaldo Bikin Dua Rekor Baru untuk Kalahkan Messi

Kompas.com - 04/04/2016, 18:52 WIB

KOMPAS.com - Bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo, mengukir dua rekor baru ketika mencetak gol kemenangan timnya atas FC Barcelona dalam laga el clasico di Camp Nou, Sabtu (2/4/2016). Dia mengalahkan pencapaian megabintang Barca, Lionel Messi.

Partai panas tersebut dimenangi oleh Real Madrid dengan skor 2-1. Karim Benzema mencetak gol pada menit ke-62 dan Ronaldo melakukannya menit ke-85, untuk membalas gol Gerard Pique pada menit ke-56, yang sempat membawa publik tuan rumah unggul.

Ronaldo dan Messi telah berduel dalam 25 pertandingan el clasico sejak CR7 mendarat di Santiago Bernabeu musim 2009-2010.

Rekor pertama yang Ronaldo ciptakan adalah berhasil mengungguli Messi dalam adu tajam di el clasico. Kapten timnas Portugal itu mampu membukukan 16 gol (mencetak gol dalam 14 el clasico), sementara Messi baru mengemas 15 gol (mencetak gol dalam 10 el clasico).

Rekor yang kedua, Ronaldo menaklukkan Messi dalam urusan menjebol jala lawan dalam ajang La Liga. Hal ini dicatat sejak keduanya sama-sama berkompetisi di Negeri Matador.

Ronaldo mengukir 254 gol dari 231 pertandingan Liga Spanyol (rata-rata 1,10 gol per pertandingan), sedangkan Messi menorehkan 253 gol dalam 232 penampilan (1,09).

Naluri membunuh Ronaldo disinyalir telah kembali usai Real Madrid dibesut oleh Zinedine Zidane sejak awal Januari. Dia sempat merosot ketika dilatih Rafael Benitez lantaran sering ditempatkan sebagai penyerang tengah.

Zidane kemudian menempatkan Ronaldo ke posisi terbaiknya, yakni pemain sayap kiri, sehingga dia lebih memiliki kebebasan untuk bergerak, menemukan ruang, memotong masuk ke pertahanan lawan, dan berpindah ke posisi sayap lainnya.

Saat dibesut Benitez, Ronaldo cuma memiliki persentase 0,7 gol dalam satu gim (14 gol dalam 18 laga), tetapi ketika dilatih Zidane, CR7 sanggup meningkatkan persentasenya ke angka 1,25 (15 gol dalam 12 laga).

FABRICE COFFRINI / AFP Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo dinilai sama-sama layak meraih gelar Ballon d'Or karena kehebatannya masing-masing.

Ronaldo dan Messi muncul sebagai dua pesepak bola terhebat di ranah Spanyol. Mereka pun berbagi gelar pencetak gol terbanyak La Liga dalam enam tahun terakhir.

Messi meraih El Pichichi pada 2009-2010, 2011-2012, dan 2012-2013, sementara Ronaldo memenanginya pada 2010-2011, 2013-2014, dan 2014-2015.

Kini, Ronaldo menjadi kandidat terkuat top scorer La Liga. Sekarang, dia berada di puncak daftar pemain paling subur dengan pundi-pundi 29 gol. Dia unggul tiga gol dari saingan terdekatnya, Luis Suarez, dan memimpin tujuh gol dari Messi.

"Kinerja yang hebat. Kami menang dan merayakannya bersama-sama," kicau Ronaldo melalui akun Twitter-nya usai mengantarkan El Real membungkam Barcelona. (Septian Tambunan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber JUARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com