Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bantai Rayo Vallecano, Barcelona Jauhi Atletico Madrid

Kompas.com - 04/03/2016, 04:54 WIB
Nugyasa Laksamana

Penulis

MADRID, KOMPAS.com - FC Barcelona membantai Rayo Vallecano di kandangnya dengan skor 5-1, pada lanjutan pertandingan La Liga di Estadio del Rayo Vallecano, Kamis (3/3/2016) waktu setempat atau Jumat dini hari WIB.

Dengan kemenangan ini, Barcelona kini mengemas 69 poin dari 27 laga, unggul delapan poin atas Atletico Madrid di urutan kedua.

Lima gol Barca dicetak oleh Ivan Rakitic (22'), hat-trick Lionel Messi (23', 54', 72'), dan Arda Turan (86'). Adapun satu gol Rayo diciptakan oleh Manucho pada menit ke-57.

Berdasarkan statistik Whoscored, Barcelona unggul penguasaan bola hingga 60 persen. Selain itu, Barcelona juga tercatat melepaskan delapan tembakan tepat sasaran dari 20 percobaan!

Tak heran, tuan rumah sempat dikejutkan dengan gol Messi pada menit ke-9. Namun, gol itu dianulir oleh wasit lantaran Messi sudah masuk dalam posisi offside.

Barcelona akhirnya membuka keunggulan pada menit ke-22, melalui Ivan Rakitic. Kesalahan kiper Rayo, Juan Carlos, dalam mengantisi umpan lambung, mampu dimanfaatkan dengan baik oleh Rakitic.

Satu menit berselang, Barcelona kembali menggetarkan jala gawang Rayo lewat sepakan Messi. Sodoran Neymar dari sisi kiri langsung disambar Messi ke gawang Rayo.

Jelang babak pertama usai, pemain Rayo, Diego Llorente, diganjar kartu merah oleh wasit setelah melanggar Rakitic. Kalah dalam jumlah pemain, Rayo pun semakin kesulitan untuk mengimbangi Barcelona.

Alhasil, pada menit ke-54, Messi berhasil menciptakan gol keduanya. Memanfaatkan bola rebound Luis Suarez yang membentur mistar gawang, Messi pun sukses membawa Barcelona unggul 3-0.

Tiga menit setelah gol Messi, Rayo bisa membobol gawang Barcelona lewat tandukan Manucho, setelah menerima umpan sundulan Bebe. Kedudukan menjadi 3-1 untuk keunggulan tim tamu.

Memasuki menit ke-67, Rayo dihukum tendangan penalti setelah Manuel Iturra melanggar Sergio Busquets di kotak terlarang. Atas pelanggaran itu, Iturra diganjar kartu merah.

Namun, Suarez yang ditunjuk sebagai eksekutor, tak berhasil melaksanakan tugasnya. Sepakan pemain Uruguay itu rupanya ditepis oleh kiper Rayo.

Meskipun demikian, kegagalan penalti Barcelona terobati dengan hat-trick Messi pada menit ke-72. Messi menggiring bola ke kotak penalti, dan tanpa kesulitan menceploskan bola ke gawang lawan.

Empat menit jelang bubaran, Barca kembali membuat pendukung Rayo terdiam lewat gol Arda Turan. Ini menjadi gol pertama Turan bersama Barcelona, sekaligus gol penutup pada laga ini.

Rayo Vallecano 1-5 Barcelona (Manucho 57' ; Ivan Rakitic 22', Lionel Messi 23', 54', 72', Arda Turan 86')

Susunan Pemain

Rayo Vallecano: 13-Juan Carlos; 22-Jose Crespo, 2-Tito, 27-Diego Llorente, 17-Quini; 10-Roberto Trashorras, 6-Manuel Iturra; 23-Bebe (4-Antonio Amaya 56'), 12-Piti (26-Jonatan Caballero 56'), 11-Adri Embarba; 9-Manucho Goncalves (24-Javi Guerra 80')
Pelatih: Paco Jemez

Barcelona: 13-Claudio Bravo; 20-Sergi Roberto (22-Aleix Vidal 74'), 3-Gerard Pique, 14-Javier Mascherano, 24-Jeremy Mathieu; 4-Ivan Rakitic (7-Arda Turan 66'), 5-Sergio Busquets (23-Thomas Vermaelen 77'), 8-Andres Iniesta; 10-Lionel Messi, 9-Luis Suarez, 11-Neymar
Pelatih: Luis Enrique

Wasit: Inaki Bikandi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com