Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Messi: Aku Tak Perlu Nyanyikan Lagu Kebangsaan

Kompas.com - 14/12/2015, 22:34 WIB
Anju Christian

Penulis

Sumber Sportes

KOMPAS.com - Lionel Messi menampik kritik yang tertuju terhadap kiprahnya bersama tim nasional Argentina. Dia juga tak sepakat bila dirinya dianggap tidak nasionalis.

Lagu kebangsaan kerap digunakan sebagai alat untuk menyerang Messi. Sebab, kapten tim nasional Argentina tersebut sering terlihat bungkam ketika lagu kebangsaan diputarkan sebelum pertandingan.

"Aku tak akan menyanyikan lagu kebangsaan dengan maksud tertentu. Aku tak perlu menyanyikannya hanya untuk merasakannya. Setiap orang memiliki cara sendiri," kata Messi.

Selain itu, Messi dianggap tak bisa menularkan penampilan impresifnya saat membela Barcelona. Tak seperti ketika berseragam La Blaugrana, Messi justru tak pernah menyumbang trofi untuk tim Tango.

Bersama Messi, Argentina hanya mencapai final Piala Dunia 2014 dan Copa America 2015.

"Aku merasa terganggu ketika mereka mengatakan bahwa aku tak merasakan seragam tim nasional dan harus lebih bergairah," tutur Messi.

"Padahal, kami sudah cukup beruntung bisa menembus final Piala Dunia dan Copa America. Namun, kami seolah dianggap tidak melakukan apa-apa," ujarnya.

Messi sendiri tak memungkiri kegagalan dalam dua final terakhir bersama Argentina. Dia pun berhasrat menebusnya pada Copa America 2016 di Amerika Serikat.

"Sebuah hal hebat apabila bisa memenangi Copa America," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com