Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Posisi Baru untuk Persiapan Masa Tua Ronaldo

Kompas.com - 01/12/2015, 18:41 WIB
Anju Christian

Penulis

Sumber AS

KOMPAS.com — Mantan pemain Real Madrid, Hugo Sanchez, menyatakan bahwa Cristiano Ronaldo harus membiasakan diri bermain sebagai striker utama. Dengan posisi ini, Ronaldo dinilai bisa menjalani karier lebih panjang.

Pada musim 2015-2016, Ronaldo tak melulu bermain sebagai sayap kiri. Pelatih Rafael Benitez kerap menempatkan Ronaldo menjadi striker ketika Karim Benzema absen.

Hasilnya tak lebih baik. Menurut Whoscored, Ronaldo mencetak enam gol dari tujuh pertandingan ketika menjadi striker. Bandingkan hal tersebut dengan sumbangan sepuluh gol dalam delapan partai saat Ronaldo beroperasi di sayap kiri.

"Saya melihat Ronaldo merasa sedikit tidak nyaman di posisi striker, tetapi dia memiliki bakat dan kekuatan untuk melakukannya," kata Sanchez.

Bukan tanpa alasan, Sanchez mendukung keputusan Benitez menggeser posisi Ronaldo. Kini, Ronaldo sudah menginjak usia 30 tahun dan dianggap memerlukan posisi yang tak terlalu menguras stamina.

"Ada saatnya Anda mengalami penurunan dari aspek fisik dan harus menghemat energi. Setiap pemain mengalaminya, dan itu terjadi pada Ronaldo," tutur Sanchez.

Posisi striker sebenarnya tak terlalu asing untuk Ronaldo. Bersama tim nasional Portugal, dia lebih sering beroperasi di lini depan.

Baca juga: Pelatih Portugal Bicara soal Posisi Terbaik Ronaldo

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AS
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com