Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ronaldo Bikin Rekor, tetapi Tak Segalanya...

Kompas.com - 13/09/2015, 09:04 WIB
KOMPAS.com — Cristiano Ronaldo menyita perhatian ketika Real Madrid melibas Espanyol 6-0 pada pekan ketiga La Liga di Stadion Cornella-El Prat, Sabtu (12/9/2015). Pasalnya, pemain berusia 30 tahun asal Portugal itu tampil "buas" karena melahap lima gol. Sementara itu, satu gol lainnya dicetak oleh Karim Benzema.

Nah, kesuksesan mencetak lima gol dalam laga tersebut membuat Ronaldo mencatat sejarah karena dia sudah menjadi top scorer sepanjang masa Madrid di pentas La Liga dengan torehan 230 gol hanya dalam 203 pertandingan. Mantan pemain Manchester United tersebut melewati rekor legenda Madrid yang mendapat sebutan Pangeran Santiago Bernabeu, Raul Gonzalez, yang mengakhiri kariernya bersama Los Blancos pada 2010 dengan torehan 228 gol dalam 550 laga.

Tak cuma itu, Ronaldo pun menjauh dari kejaran rivalnya, Lionel Messi, dalam urusan mencetak hat-trick di La Liga. Berdasarkan catatan Squawka Football, gol ketiga yang dilesakkannya pada menit ke-20 membuat pemain yang diboyong dari Old Trafford pada musim panas 2009 ini mencatat 28 trigol dalam satu laga pada kasta tertinggi sepak bola Spanyol, unggul empat atas Messi.

Kemudian, dengan keberhasilannya mengeksekusi penalti pada menit ke-17 untuk membawa Madrid unggul 2-0 dalam laga itu, Ronaldo tercatat sebagai pemain tersukses di Eropa untuk urusan mencetak gol dari titik putih, setidaknya sejak musim 2012-2013. CR7 sudah 23 kali melakukannya, mengalahkan torehan striker Paris Saint-Germain, Zlatan Ibrahimovic, yang baru 19 kali.

Namun, tak semua rekor milik Ronaldo. Soal jumlah hat-trick secara keseluruhan bersama Madrid, baik di La Liga maupun pada kompetisi lain, Ronaldo "baru" melakukannya sebanyak 32 kali. Jumlah tersebut sama dengan apa yang dilakukan Messi di berbagai ajang bersama Barca.

Selain itu, untuk top scorer sepanjang masa Madrid pada semua kompetisi, Ronaldo masih kalah dari Raul. Legenda Los Blancos ini menorehkan total 323 gol, sedangkan Ronaldo 320. Namun, jika Ronaldo bisa mempertahankan performa seperti saat melawan Espanyol, bukan mustahil dia akan kembali menggeser Raul karena hanya memerlukan tambahan empat gol.

Rekor yang sudah dibikin Ronaldo

- Top scorer sepanjang masa Real Madrid di La Liga

1. Cristiano Ronaldo (230)
2. Raul Gonzalez (228)

- Pencetak hat-trick terbanyak dalam sejarah La Liga

1. Cristiano Ronaldo (28)
2. Lionel Messi (24)
3. Telmo Zarra (22)
4. Alfredo di Stefano (22)

- Pencetak gol penalti terbanyak di Eropa sejak 2012-2013:

1. Ronaldo (23)
2. Zlatan Ibrahimovic (19)
3. Steven Gerrard (18)
4. Lionel Messi (14)

Rekor yang sedang dikejar Ronaldo

- Top scorer sepanjang masa Real Madrid di semua kompetisi

1. Raul Gonzalez (323)
2. Cristiano Ronaldo (320)
3. Alfredo di Stefano (307)

- Pencetak hat-trick terbanyak dalam sejarah sepak bola Spanyol

1. Lionel Messi (32)
2. Cristiano Ronaldo (32)
3. Telmo Zarra (31)
4. Alfredo di Stefano (28)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com