Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Kejutan pada Skuad Brasil, Kaka Kembali Dipanggil

Kompas.com - 14/08/2015, 05:31 WIB
RIO DE JANEIRO, Kompas.com - Ada sedikit kejutan dalam skuad tim nasional Brasil yang dipersiapkan menghadapi pertandingan uji coba melawan Kosta Rika dan Amerika Serikat pada September nanti. Nama gelandang Orlando City, Kaka, turut dipanggil pelatih Carlos Dunga.

Secara keseluruhan, ada beberapa perubahan pada skuad Selecao selepas Piala Dunia 2014 dan Copa America 2015. Selain hadirnya Kaka, pemain 33 tahun yang merupakan mantan pemain AC Milan dan Real Madrid, ada juga penyerang Paris Saint-Germain Lucas, bek Arsenal Gabriel Paulista, dan pemain Zenit St Petersburg, Hulk. Hadir pula gelandang muda Santos, Lucas Lima, yang untuk pertama kalinya terpilih.

Namun, Dunga juga tak memasukkan nama mantan kapten Thiago Silva, begitu juga dengan pemain Liverpool Philippe Coutinho. Tampaknya sang pelatih ingin menyeleksi skuadnya sebelum dipilih memperkuat Selecao pada dua laga kualifikasi Piala Dunia bulan Oktober nanti.

Soal dipanggilnya Kaka, Dunga berharap kehadiran pemain senior itu bisa membantu para pemain muda. "Kaka adalah referensi, seperti Robinho sebelum dia," ujar Dunga kepada wartawan. "Dia memberi kami pengalaman dan kematangan pada saat-saat yang sulit dan ketika kami membutuhkannya, baik di dalam maupun di luar lapangan."

"Kami perlu mendatangkan pemain muda untuk memberi mereka pengalaman dan memasukkan pemain yang lebih tua di sana untuk membantu mereka," tambah mantan kapten timnas Brasil ini.

Pemain depan Barcelona Neymar termasuk dalam skuad meskipun ia cedera dan tidak memenuhi syarat untuk dua kualifikasi pertama tersebut. Pasalnya, Neymar masih menjalani hukuman larangan bermain sebanyak empat pertandingan, menyusul kartu merah yang dia terima saat Brasil kalah 1-0 dari Kolombia pada Copa America bulan lalu.

Brasil mendapatkan hasil yang kurang maksimal pada turnamen tersebut. Setelah memenangkan 10 pertandingan persahabatan di bawah asuhan Dunga, peraih lima gelar juara dunia itu menelan kekalahan pada pertandingan kedua penyisihan grup dari Kolombia, kemudian disingkirkan Paraguay lewat adu penalti, pada babak perempat final.

Brasil akan melawan Kosta Rika di New Jersey pada 5 September. Tiga hari kemudian, mereka akan menghadapi Amerika Serikat di Foxborough.

Sementara itu untuk laga kualifikasi Piala Dunia 2018, Brasil akan melakoni laga tandang ke markas juara Copa America pada bulan Oktober. Kemudian, pasukan Dunga akan menjalani dua pertandingan kandang melawan Venezuela di Fortaleza pada bulan Oktober dan Peru di Salvador pada November.

Daftar pemain:

Kiper:Jefferson (Botafogo), Marcelo Grohe (Gremio), Alisson (Internacional).

Bek: David Luiz, Marquinhos (PSG), Miranda (Inter), Gabriel Paulista (Arsenal), Dani Alves (Barcelona), Filipe Luis (Atletico Madrid), Danilo (Real Madrid), Douglas Santos (Atletico Mineiro).

Gelandang: Luiz Gustavo (Wolfsburg), Fernandinho (Manchester City), Elias (Corinthians), Ramires, Oscar, Willian (Chelsea), Lucas Lima (Santos), Kaka (Orlando City).

Penyerang: Roberto Firmino (Liverpool), Neymar (Barcelona), Lucas Moura (PSG), Hulk (Zenit), Douglas Costa (Bayern Muenchen).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com