Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samai Prestasi Milan, Barca Tatap "Sextuple"

Kompas.com - 12/08/2015, 10:05 WIB
KOMPAS.com - Barcelona secara dramatis menjuarai Piala Super Eropa setelah menang 5-4 atas Sevilla di Boris Paichadze Stadium, Tbilisi, Selasa malam atau Rabu (12/8/2015) dini hari WIB. Ini menjadi gelar kelima The Catalans pada event tersebut, yang membuat mereka menyamai prestasi AC Milan sebagai klub yang paling banyak menguasai trofi itu.

Sejak Piala Super Eropa digulirkan pada 1972, hanya ada dua klub yang mampu menjuarainya sebanyak lima kali. Milan yang lebih dulu mencapai angka lima, setelah menjadi juara pada 1989, 1990, 1994, 2003 dan 2007. Tetapi secara keseluruhan, Barca yang paling banyak tampil di event ini karena raksasa Liga Spanyol tersebut sembilan kali beraksi (Milan 7 kali) dengan menjadi juara pada 1992, 1997, 2009, 2011 dan 2015.

Posisi ketiga ditempati Liverpool, yang tiga kali menjadi pemenang pada 1977, 2001 dan 2005 dari lima kesempatan. Sementara itu rival abadi Barca, Real Madrid, baru dua kali menjadi juara seperti yang diraih Ajax Amsterdam, Anderlecht, Juventus, Valencia dan Atletico Madrid.

Piala Super Eropa pada awalnya mempertemukan juara Liga Champions dan Piala Winners. Tetapi sejak 1999, UEFA meleburkan Piala Winners dengan Piala UEFA, sehingga event ini diikuti juara Liga Champions dan Piala UEFA. Lagi-lagi UEFA membuat pembaruan, dengan mengganti nama Piala UEFA menjadi Liga Europa pada 2009, sehingga Sevilla yang menjadi juara Liga Europa musim lalu bertemu Barca, sang penguasa kompetisi kasta tertinggi di Benua Biru tersebut.

Bagi Barca, keberhasilan menjuarai Piala Super Eropa ini menjadi awal kampanye mereka meraih enam gelar alias sextuple gelar pada tahun 2015, setelah menjuarai La Liga, Copa del Rey dan Liga Champions pada musim lalu. Kini, mereka mempersiapkan diri menghadapi Piala Super Spanyol dan Piala Dunia Antarklub.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com