Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Piala Emas 2015, Menuju Final Ideal

Kompas.com - 20/07/2015, 09:51 WIB

EAST RUTHERFORD, KOMPAS.com - Final ideal Piala Emas tinggal selangkah lagi tercipta. Dua penguasa CONCACAF, Meksiko dan Amerika Serikat, telah memastikan diri ke semifinal Piala Emas 2015. 

Meksiko menjadi tim terakhir yang lolos ke semifinal. El Tri lolos berkat kemenangan tipis 1-0 atas Kosta Rika di MetLife Stadium, Minggu malam atau Senin (20/7/2015) pagi WIB. 

Meksiko harus berjuang keras untuk bisa menang atas Kosta Rika. Gol tunggal kemenangan Meksiko dicetak oleh Andres Guardado pada menit ke-120, atau beberapa saat menjelang perpanjangan waktu berakhir. 

Di semifinal, Meksiko akan ditantang oleh tetangganya di Amerika Tengah, Panama. Di tempat yang sama, finalis dua tahun lalu itu menang 6-5 melalui adu penalti atas Trinidad dan Tobago. 

Penalti dilakukan setelah kedua tim bermain imbang 1-1 sepanjang 120 menit. Panama unggul lebih dulu lewat gol Luis Tejada pada menit ke-36. Namun, Kenwyne Jones memaksa pertandingan berakhir imbang berkat golnya pada menit ke-53.

Perjuangan alot juga ditunjukkan saat adu tendangan penalti. Butuh 9 pemain sebelum Panama memastikan diri menyisihkan Trinidad dan Tobago. 

Pada semifinal lain, tuan rumah Amerika Serikat akan menantang Jamaika. AS lolos berkat kemenangan 6-0 atas Kuba, Sabtu (18/7/2015). Jamaika mengikuti jejak AS setelah menang 1-0 atas Haiti.

Sejak Piala Emas digelar pada 1991, Meksiko merupakan negara dengan koleksi trofi terbanyak, 6 kali. AS menyusul di tempat kedua dengan 5 kali menjadi juara. 

Final Piala Emas antara dua negara penguasa Amerika Tengah, Amerika Utara, dan Karibia itu sudah terjadi sebanyak lima kali. Pertemuan terakhir pada 2011 dimenangi oleh Meksiko. AS hanya sekali menang atas Meksiko pada laga puncak. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com