Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Totti Bicara tentang Madrid dan Kepergian Casillas

Kompas.com - 18/07/2015, 23:19 WIB
KOMPAS.com - Kapten AS Roma Francesco Totti mengakui dirinya pernah memiliki kesempatan bergabung dengan Real Madrid pada 2004. Tetapi Totti tak mengambil peluang tersebut karena cintanya yang sangat besar terhadap Giallorossi.

Totti merupakan produk asli akademi sepak bola Roma. Dia kemudian menjelma menjadi bintang Serie-A, bahkan dunia, sehingga menarik minat klub-klub raksasa Eropa. Tetapi Totti setia membela Roma dan hingga kini dia telah mencatat lebih dari 700 penampilan bersama tim ibu kota Italia tersebut.

"Roma selalu menjadi timku, sepanjang hidupku," ujar Totti kepada AS. "Aku selalu merupakan seorang penggemar dan selalu demikian. Ada sebuah momen ketika aku secara serius berpikir untuk pergi, tetapi aku memutuskan untuk bertahan."

"Aku tak menyesal, itu merupakan keputusan yang aku ambil (tidak bergabung dengan Real Madrid pada 2004). Ada masalah di Roma, tetapi semuanya terpecahkan."

"Aku pasti mendapatkan lebih banyak uang dan memenangi banyak trofi, tetapi itu merupakan pilihan yang aku bikin dengan hatiku. Aku bangga dengan karierku di klub, apa yang sudah aku lakukan dan apa yang masih kukerjakan. Aku sadar bakal sulit memenangi Liga Champions dan Ballon d'Or."

"Ini merupakan impian masa kecilku, aku sudah bermimpi mengenakan kostum ini sepanjang hidupku. Aku tak tahu jika aku akan menjadi satu-satunya yang bermain untuk klub ini, tetapi ini merupakan kebanggaan yang luar biasa."

Berkaca dari apa yang terjadi pada dirinya, Totti pun berbicara tentang dua ikon Madrid, Raul Gonzalez dan Iker Casillas, yang akhirnya hengkang dari Santiago Bernabeu. Raul saat ini bermain di MLS dan Casillas baru saja bergabung dengan FC Porto. Menurutnya, pasti ada masalah di tubuh klub raksasa Spanyol tersebut.

"Sayang sekali ketika aku melihat apa yang terjadi, dan aku sangat menyesal. Itu memalukan. Dia (Casillas) pemain yang hebat, sosok yang hebat dan ikon Madrid. Ini seharusnya tak terjadi pada dirinya," ujar Totti.

"Ini mirip dengan Raul? Ketika dua pemain yang menjadi simbol pergi, mungkin ada masalah di dalam klub."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com