Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bela Barca, Turan Diabadikan Jadi Nama Jalan di Turki

Kompas.com - 08/07/2015, 22:54 WIB
Ferril Dennys

Penulis

ISTANBUL, KOMPAS.com - Turki berbangga setelah putra terbaiknya, Arda Turan, bergabung dengan Barcelona. Kebanggan kepada Turan tersebut akan diabadikan dengan memberikan nama gelandang berusia 28 tahun tersebut untuk jalan di kota Bayrampasa yang merupakan kota kelahiran Turan.

Turan dilahirkan di kota tersebut pada 1987. Turan mengawali karier profesionalnya dengan membela Galatasaray pada 2005 dan selanjutnya berseragam Atletico Madrid pada 2011.

Bersama Atletico, Turan menjadi pemain besar dan menjadi ikon sepak bola Turki. Dia membawa klub tersebut meraih trofi Primera Division, menjuarai Copa del Rey, gelar Piala Super Spanyol, piala Liga Europa, dan gelar Piala Super UEFA.

Keberhasilan bersama Atletico mengantarkan Turan bergabung dengan Barcelona. Ia resmi menjadi pemain Barca setelah menandatangani kontrak selama lima tahun pada 6 Juli 2015. Turan pun menjadi pemain kedua asal Turki yang pernah membela Barca, setelah kiper Rustu Recber pada 2003.

"Kami ingin membuat satu atau dua kejutan untuk Arda," kata Walikota Bayrampasa, Atila Aydiner.

Salah satu kejutannya adalah dengan menjadikan Turan sebagai sebuah nama jalan. "Kami akan menyebutnya Ordu Street Arda Turan Street. Kami telah mengirim keputusan kami ini ke Istanbul," tutur Aydiner.

"Kini, kami akan menggantungkan plakat bersama-sama dengan Arda karena Arda kebanggaan kami," lanjutnya.

Meski begitu, rakyat Turki tidak bisa lagsung menyaksikan aksi Turan bersama Barca. Pasalnya, Turan baru bisa memperkuat Barca setelah hukuman transfer El Barca dari FIFA berakhir pada Januari 2016.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com