Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Miliarder China Beli Saham Atletico Madrid

Kompas.com - 21/01/2015, 18:29 WIB
KOMPAS.com - Miliarder China, Wang Jianlin, membeli 20 persen saham klub Spanyol Atletico Madrid senilai sekitar 52 juta dollar AS atau sekitar Rp 650 miliar.

Wang dikenal sebagai pemilik perusahaan properti terbesar di Dalian Wanda, China, yang sejak beberapa waktu terakhir aktif membeli merek-merek asing, di tengah lesunya pasar properti di dalam negeri. Antara lain Wang sudah membeli saham jaringan bioskop Amerika AMC dan perusahaan kapal pesiar Inggris Sunseeker.

Ketika proses pembelian saham Atletico rampung, Wang akan menjadi pengusaha China pertama yang menanam modal di klub Eropa.

Musim lalu Atletico menjuarai Primera Division dan berhasil lolos ke final Liga Champions, sebelum ditundukkan rival sekota, Real Madrid. Meski demikian, klub menghadapi kesulitan keuangan dalam beberapa tahun ini dengan utang mencapai 500 juta euro.

Pembelian oleh Wang--salah satu orang terkaya di China--bisa memperluas basis pendukung Atletico di China dan juga membuka luas kemungkinan masuknya sponsor-sponsor baru.

Wang yang berusia 60 tahun adalah pendukung fanatik sepak bola dan memiliki salah satu klub paling sukses di China dalam periode 1994 hingga 2000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com