Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tekuk Liverpool, Madrid Melangkah ke 16 Besar

Kompas.com - 05/11/2014, 04:38 WIB
Ary Wibowo

Penulis

MADRID, KOMPAS.com - Real Madrid memastikan satu tempat di 16 besar seusai mengalahkan Liverpool 1-0 pada matchday keempat Grup B Liga Champions di Stadion Santiago Bernabeu, Selasa atau Rabu (5/11/2014) dini hari WIB.

Hasil itu membuat Madrid kokoh di puncak klasemen dengan poin 12 dari empat laga, unggul enam angka dari Basel di peringkat kedua. Sementara itu, Liverpool menduduki posisi ketiga dengan poin tiga.

Pada pertandingan ini, Madrid mencadangkan Gareth Bale yang dikabarkan baru sembuh dari cedera. Posisi Bale digantikan oleh Isco sehingga Madrid pun memulai laga dengan formasi 4-4-2.

Sementara itu, Liverpool juga tidak memainkan Mario Balotelli dan Steven Gerrard. Pelatih Brendan Rodgers lebih memilih memainkan Emre Can di lini tengah dan Fabio Borini sebagai ujung tombak.

Madrid mencoba menekan Liverpool sejak menit-menit awal. Beberapa kali skuad asuhan Carlo Ancelotti itu mendapatkan peluang untuk membobol gawang tim tamu yang dikawal kiper Simon Mignolet.

Hingga pertengahan babak pertama, Liverpool terlihat hanya mengandalkan serangan balik. Mereka pun terlihat kesulitan menembus barisan pertahanan tim tuan rumah yang tampil cukup disiplin.

Terus menekan, upaya Madrid membuahkan hasil pada menit setelah Karim Benzema berhasil mencetak gol pada menit ke-27. Gol tersebut diciptakannya seusai menerima umpan silang Marcelo.

Unggul satu gol, Madrid tidak menurunkan intensitas serangan. Pada menit ke-40, Cristiano Ronaldo hampir saja membuat Madrid kembali unggul jika bola tendangan kerasnya dari dalam kotak penalti tidak ditepis oleh Mignolet.

Selepas turun minum, Ancelotti memasukkan Bale untuk menambah daya gedor skuadnya. Sementara itu, Liverpool pun juga melakukan hal yang sama dengan menurunkan Raheem Sterling dan Steven Gerrard.

Pada menit ke-57, Liverpool mendapatkan peluang emas untuk menyamakan kedudukan. Akan tetapi, bola tendangan Adam Lallana dari dalam kotak penalti Madrid masih menyamping tipis di sisi kiri gawang Casillas.

Madrid juga bukan tanpa ancaman pada paruh kedua ini. Pada menit ke-71, Madrid hampir saja menambah keunggulan jika bola tendangan keras Bale tidak membentur mistar gawang Liverpool.

Meski sama-sama berusaha menekan, sejumlah peluang yang diperoleh kedua tim tidak dapat dikonversikan menjadi gol. Skor 1-0 untuk Madrid pun akhirnya bertahan hingga wasit meniup peluit panjang.

Sepanjang pertandingan, menurut catatan UEFA, Madrid menguasai bola sebanyak 54 persen dan menciptakan enam tembakan akurat dari 12 usaha. Adapun Liverpool sama sekali tidak melepaskan tendangan ke arah gawang.

Susunan pemain:
Madrid: 1-Iker Casillas; 2-Raphael Varane, 4-Sergio Ramos, 12-Marcelo, 17-Alvaro Arbeloa (18-Nacho 83); 8-Toni Kroos, 10-James Rodriguez, 19-Luka Modric, 23-Isco (11-Gareth Bale 62); 7-Cristiano Ronaldo, 9-Karim Benzema (14-Javier Hernandez 87)
Pelatih: Carlo Ancelotti

Liverpool: 22-Simon Mignolet; 4-Kolo Toure, 18-Alberto Moreno, 19-Javi Manquillo, 37-Martin Skrtel; 20-Adam Lallana, 21-Lucas (8-Steven Gerrard 69), 23-Emre Can (10-Philippe Coutinho 75), 24-Joe Allen, 50-Lazar Markovic (31-Raheem Sterling 69); 29-Fabio Borini
Pelatih: Brendan Rodgers

Wasit: Viktor Kassai (Hongaria)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com